banner 728x250

Pelabuhan Tulehu Terbakar: 20 Warung Hangus, Seorang Pedagang Terluka

  • Bagikan
PELABUHAN TULEHU
Polisi memasang garis polisi di lokasi kebakaran di kawasan Pelabuhan Hurnala, desa Tulehu, kecamatan Salahutu, kabupaten Maluku Tengah yang menghanguskan 20 warung, Selasa (4/10/2022). (FOTO: ISTIMEWA)
banner 468x60

AMBON, SENTRALTIMUR.COM – Kebakaran terjadi di kawasan Pelabuhan Hurnala, desa Tulehu, kecamatan Salahutu, kabupaten Maluku Tengah, Selasa (4/10/2022).

Kebakaran yang terjadi pada pukul 05.35 WIT menghanguskan 20 warung milik pedagang di kawasan tersebut.

Seorang pedagang bernama Zainudin mengalami luka bakar ringan di bagian wajah dan tangannya.

Warga dan petugas pengamanan pelabuhan sempat berusaha memadamkan kobaran api dengan memanfaatkan air laut. Tetapi usaha mereka sia-sia karena api terus membesar dan merembet ke bangunan warung lainnya.

Adullah Lestaluhu, salah satu warga Tulehu menuturkan kebakaran itu terjadi ketika aktivitas di pelabuhan masih sepi.

“Itu kejadiannya setelah shalat subuh. Belum ada aktivitas apapun di pelabuhan masih sepi,” katanya kepada sentraltimur.com.

Abdullah bersama warga lainnya sempat membantu memadamkan api namun karena bangunan yang dilalap api terbuat dari bahan yang mudah terbakar dan kondisi angin yang kencang sehingga api sulit dipadamkan.

“Warung yang terbakar ini bahannya dari kayu dan bahan yang mudah terbakar,” katanya.

Kepala Seksi Humas Polresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease Ipda Moyo Utomo menjelaskan, kebakaran menghanguskan sebanyak 20 warung milik pedagang. “Ada 20 warung makan yang hangus terbakar. Seorang pedagang juga mengalami luka bakar ringan di bagian wajah dan tangannya,” katanya.

Ini Pemicu Kebakaran

Menurutnya warga sempat berusaha memadamkan api dengan cara seadanya. Namun mereka kesulitaan memanfaatkan air laut untuk memadamkan kebakaran karena saat itu kondisi air laut dalam keadaan surut. “Satpam dan warga kesulitan sumber air dan kondisi laut saat itu sedang surut. Jadi mereka terkendala di situ,” kata Moyo.

  • Bagikan