banner 728x250

Pemprov Diminta Transparan Soal Seleksi Sekda Maluku

  • Bagikan
SOAL SELEKSI
Anggota Komisi I DPRD Maluku Edison Sarimanela. (FOTO ISTIMEWA)
banner 468x60

AMBON, SENTRALTIMUR.COM – Anggota Komisi I DPRD Maluku Edison Sarimanela meminta Pemerintah Provinsi Maluku transparan terkait proses seleksi calon Sekretaris Daerah (Sekda) Maluku.

Sebab Panitia Seleksi (Pansel) sudah selesai memprosesnya beberapa waktu lalu. Menurutnya apabila dalam perjalanannya ada kendala dari tiga nama yang sudah dikirimkan ke presiden melalui menteri dalam negeri, harus disikapi secepatnya.

“Kalau ada kendala harus proses secepatnya karena administrasi sudah disiapkan Pansel. Pansel juga harus transparan kepada masyarakat. Proses pemerintahan ini tergantung juga dari sekda definitif, supaya (calon) figur yang dikirim itu punya kepastian,” kata Edison, Selasa (8/11/2022)..

Apalagi kata Edison, pada tahun 2023 mendatang, sudah berada dalam proses pentahapan pemilu legislatif, Pilpres, Pilkada gubernur, dan Pilkada bupati/walikota. Karena itu diperlukan staf mendampingi gubernur untuk proses pemerintahan ke depan agar lebih baik.

“Ini sudah tiga bulan terbengkalai masalah Sekda definitif ini. Siapapun dia Sekda, kita semua punya Sekda,” ujar dia.

Menurutnya jika Sekda Maluku definitif sudah ada, semua proses pemerintahan berjalan lancar. Pada bulan November, pembahasan APBD tahun 2023 juga tergantung dari Sekda. Dia khawatir Sekda yang belum definitif berimplikasi pada persolan hukum.

“Kewenangan Sekda itu harus menandatangani berita acara menyangkut APBD tahun 2023. Karena itu harus ada Sekda definitif agar pertanggungjawaban hukum juga jelas,” tegas politisi Partai Hanura. (ADI)

  • Bagikan