banner 728x250

Sidang TPA Putuskan Pj Gubenur Maluku Segera Digelar, Ini Jadwalnya

  • Bagikan
SIDANG TPA
Presiden Joko Widodo segera memimpin sidang Tim Penilai Akhir untuk menentukan nama penjabat gubernur. (FOTO: ISTIMEWA)
banner 468x60

AMBON, SENTRALTIMUR.COM – Presiden Joko Widodo segera memimpin sidang Tim Penilai Akhir (TPA) untuk menentukan nama penjabat gubernur.

Tercatat lima gubernur dan wakil gubernur masa jabatan berakhir pada 31 Desember 2023, yaitu Riau, Lampung, Jawa Timur, Maluku, dan Maluku Utara.

Gubernur yang berakhir masa jabatannya akan digantikan oleh penjabat gubernur hingga terpilihnya gubernur dan wakil gubernur dalam Pilkada serentak 2024.

DPRD Provinsi Maluku telah menyerahkan tiga nama calon Pj gubernur Maluku ke Kementerian Dalam Negeri, Senin (4/12/2023). Tiga nama usulan DPRD Maluku adalah Prof Zainal Abidin Rahawarin (Rektor IAIN Ambon), Mayjen TNI Dominggus Pakel (Deputi Bidang Operasi Keamanan Siber dan Sandi Badan Siber dan Sandi Negara), serta Jufri Rahman (Staf Ahli Menpan RB).

“Rencananya sidang TPA pekan depan, apakah sewaktu-waktu ada perubahan jadwal dari Setneg (sekretariat negara) kita belum tahu,” kata sumber di Kemendagri kepada sentraltimur.com, Selasa (12/12/2023).

Dia mengatakan selain usulan DPRD, birokrat dari kementerian/lembaga juga diusulkan sebagai calon Pj gubernur di lima provinsi yang gubernur masa jabatan berakhir 31 Desember 2023.

Kemendagri melalui Ditjen Otda telah melakukan review masing-masing kandidat Pj gubernur. “Calon Pj diprofiling berdasarkan perspektif masing-masing,” ujar sumber.

Setelah rampung, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian akan mengusulkan tiga nama dan diputuskan melalui sidang TPA. “Sidang TPA dipimpin presiden. TPA akan membahas nama-nama Pj (gubernur) yang diusulkan melalui Kemendagri. Presiden yang memutuskan, mekanismenya seperti itu,” ujarnya.

Soal agenda sidang TPA dan tiga nama Pj gubernur Maluku yang diserahkan Mendagri ke presiden, Sekretaris Jenderal Kemendagri Suhajar Diantoro yang dihubungi belum merespon pesan whatsapp sentraltimur.com, Selasa.

Begitu pula Kepala Pusat Penerangan Kemendagri Benni Irwan, hanya membaca pesan WA yang dilayangkan ke ponselnya.

Upaya Lobi

Sementara itu, sumber lain mengatakan hampir dua pekan Gubernur Maluku Murad Ismail berada di Jakarta.

Mendekati penyerahan nama calon Pj gubernur ke TPA, Murad diduga melakukan upaya lobi maupun manuver untuk meloloskan “jagonya” sebagai Pj gubernur Maluku.

“Beta tidak tahu siapa yang didukung Pak Murad sebagai Pj gubernur Maluku, tapi beliau mencoba melobi sejumlah pihak di Jakarta,” kata sumber tanpa merinci pihak yang dimaksud.

Menariknya, Sekretaris Daerah Maluku Sadali Ie beberapa waktu lalu juga berada di Jakarta bersama Murad. Meski tidak diusulkan DPRD, kabarnya nama Sadali “ngotot” dimasukan sebagai kandidat Pj gubernur melalui jalur Kemendagri.

“Pak Sekda hampir satu minggu (berada) di Jakarta. Apakah urusan tugas atau Pak Murad melobi Sekda untuk menjadi Pj gubernur Maluku, mungkin saja,” ungkap dia, Senin (11/12/2023).  

Murad Ismail dan Barnabas Nathaniel Orno ditetapkan sebagai gubernur dan Wagub Maluku masa jabatan 2019-2024 dan dilantik pada 24 April 2019.

SIDANG TPA
Jabatan Murad Ismail dan Barnabas Nathaniel Orno sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku berakhir pada 31 Desember 2023. (FOTO: ISTIMEWA)

Sesuai amanat Pasal 201 ayat (5) Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota atau UU Pilkada, kepala daerah dan wakil kepala daerah hasil pemilihan tahun 2018 menjabat sampai dengan tahun 2023. 

Dengan demikian gubernur dan wagub Maluku purna tugas pada 31 Desember 2023 atau tidak sampai lima tahun.

Pentingnya Sidang TPA

Pemerintah melalui Kemendagri telah menetapkan mekanisme penunjukan penjabat kepala daerah.

Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kemendagri, Akmal Malik menyebutkan bahwa Tim Penilai Akhir (TPA) memiliki peran penting dalam menjaga transparansi dan akuntabilitas proses penunjukan tersebut.

  • Bagikan