banner 728x250

Warga Membludak, Vaksinasi Massal Abaikan Protokol Kesehatan

  • Bagikan
Pemerintah Kota Ambon menggelar vaksinasi COVID-19 massal pada 19-31 Mei 2021 di tribun lapangan Merdeka. (FOTO: ISTIMEWA)
banner 468x60

AMBON, SENTRALTIMUR.COM – Vaksinasi massal hari terakhir yang dipusatkan di Tribun Lapangan Merdeka Kota Ambon diikuti ribuan warga, Senin (31/5/2021).

Banyaknya warga yang datang ke lokasi itu untuk mengikuti vaksinasi membuat kerumunan sulit dihindari. Warga bahkan terlihat berdesak-desakan untuk sekadar mendaftar dan mengikuti wawancara dari tim kesehatan.

Vaksinasi massal yang dilakukan Pemerintah Kota Ambon sendiri telah berlangsung sejak pekan kemarin.

Pantauan di tribun Lapangan Merdeka proses vakisinisi tidak lagi menerapkan protokol kesehatan. Ketentuan menjaga jarak sebagai bentuk penerapan protokol kesehatan tidak berjalan.

Ratusan warga yang masuk ke Tribun Lapangan Merdeka pun duduk sambil berdesakan karena kursi yang disediakan diatur rapat tanpa mempertimbangkan jarak aman.

Ironisnya petugas Satpol PP maupun petugas kesehatan di lokasi itu tidak melarang warga yang berdesak-desakan.

Salah seorang warga mengaku memilih menghindar dari kerumunan karena kondisi di lokasi vaksinasi sangat membludak.

“Kalau seperti ini malah kita datang bukan untuk melawan Covid-19 tapi bisa jadi kita datang untuk terpapar. Banyak sekali yang dating dan berdesakan,” kata Ali, seorang karyawan swasta kepada sentraltimur.com.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon, Wendi Pelupessy  mengakui ribuan warga mendaftar mengikuti vaksinasi di hari terakhir. Kondisi itu membuat situasi di lokasi vaksinasi membludak dan sulit dikendalikan.

“Hari ini terakhir makanya membludak, banyak sekali warga yang datang,” kata Wendi, Senin (31/5/2021).

Hari terakhir vaksinasi massal sebanyak 7.200 warga Ambon mendaftar. “Sudah 7.200 yang mendaftar dan sampai saat ini baru 2.700 yang telah divaksin, jadi memang banyak sekali,” ujarnya.

Wendy enggan menanggapi pelanggaran protokol kesehatan. “Saya lagi rapat, oke ya,” katanya di sambungan telepon. (MMS)

Penulis: MEHMET SALAHUDINEditor: YANTO
  • Bagikan