banner 728x250

Amankah Berbuka Puasa dengan yang Manis?

  • Bagikan
kurma
banner 468x60

JAKARTA, SENTRALTIMUR.COM – Menikmati semangkuk kolak pisang, segelas es campur, es buah hingga aneka makanan manis lainnya. Berbuka dengan hidangan manis diketahui dapat membantu menaikkan gula darah yang turun pasca 14 jam berpuasa.

Namun apakah aman berbuka puasa dengan makanan manis? Spesialis gizi klinik, dr. Putri Sakti, M.Gizi menjelaskan bahwa usai 14 jam berpuasa gula dalam darah mengalami penurunan. Maka dari itu, disarankan untuk berbuka puasa dengan yang manis. Namun, Putri menjelaskan bahwa makanan manis yang dianjurkan dikonsumsi saat berbuka adalah kurma.

“Yang baik seperti disarankan nabi yaitu kurma, walaupun manis masih ada seratnya jadi kontrol gula darahnya baik. Sama buah-buahan juga. Tapi kalau larinya ke kolak, es buah, cendol bukan berarti ga boleh tapi harus pintar mengaturnya porsi frekuensi agar sesekali bisa menikmati hidangan yang setahun sekali ini bisa tetap sehat,” kata Putri Sakti dalam program Hidup Sehat TvOne, Rabu 21 April 2021.

Ia menjelaskan, jika mengonsumsi makanan atau minuman manis secara berlebihan juga tidak baik karena dapat meningkatkan gula darah. 

“Karena gula darah meningkat begitu konsumsi karbohidrat, apalagi kalau jenisnya sederhana makanya tipikalnya saat buka puasa walaupun sederhana tetap pilih yang ada seratnya. Misalnya kurma. Kalau gula darah naik terlalu cepat ga bagus kalau terjadi setiap hari memicu gangguan kesehatan tubuh,” ujarnya.

  • Bagikan