banner 728x250

Partisipasi Ibu Hamil Ikut Vaksinasi di Ambon Rendah

  • Bagikan
Partisipasi Ibu
Ilustrasi vaksinasi ibu hamil. (FOTO: ISTIMEWA)
banner 468x60

AMBON, SENTRALTIMUR.COM – Partisipasi ibu hamil untuk vaksinasi Covid-19 di kota Ambon masih rendah. Dampaknya target vaksinasi Covid-19 untuk ibu hamil (Bumil) belum tercapai.

Dari target sasaran vaksinasi sebanyak 1.980 orang, sejauh ini baru sebanyak 102 atau lima persen Bumil di Ambon yang menerima vaksin. Rendahnya capaian vaksinasi Bumil ini disebabkan oleh sejumlah faktor.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon, Wendy Pelupessy mengungkapkan banyak Bumil di Ambon yang masih takut untuk vaksinasi.

BACA JUGA:

Kunjungi Tiga Kabupaten, Pangdam Tinjau Vaksinasi dan Temui Prajurit – sentraltimur.com

Empat Orang Tewas Akibat Longsor Jalur Medan-Berastagi – kliktimes.com

Menurutnya ketakutan para Bumil untuk mengikuti vaksinasi menjadi penyebab utama tingkat capaian vaksinasi Bumil masih sangat rendah. “Banyak ibu hamil yang masih takut untuk menerima vaksin,” kata Wendy, Senin (25/10/2021).

Faktor lainnya yang menjadi penyebab capaian vaksinasi Bumil masih rendah karena banyak Bumil di Ambon termakan isu hoaks yang beredar di media sosial.

Selain itu tidak ada partisipasi atau dukungan pihak keluarga kepada Bumil untuk mengikuti vaksinasi. “Selain beredar hoaks, keluarga juga masih ragu dan ada yang tidak mendukung. Jadi ini menjadi penyebab capaian vaksinasi juga lambat,” katanya.

Bumil Rentan Terpapar Covid-19

Menurut Wendy Bumil merupakan kelompok yang rentan terpapar Covid-19 selain warga lanjut usia dan tenaga kesehatan. Wendy menjelaskan Bumil dan menyusui merupakan kelompok yang berisiko terpapar virus dan bergejala berat sehingga harus menerima vaksin. Karena itu para Bumil perlu menerima vaksinasi agar dapat terbentuk herd immunity atau kekebalan kelompok.

Wendy katakan, sosialisasi gencar oleh Dinas kesehatan kepada para Bumil untuk mengikuti vaksinasi, namun masih banyak Bumil enggan mengikuti vaksinasi. “Sosialiasi terus kita lakukan,” ujar Wendy.

  • Bagikan