banner 728x250

Maluku Tenggara Juara Umum Program Bangga Kencana & Percepatan Penurunan Stunting

  • Bagikan
Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara meraih juara umum program pembangunan kependudukan dan keluarga berencana serta percepatan penurunan stunting tingkat provinsi Maluku. (ISTIMEWA)
banner 468x60

AMBON, SENTRALTIMUR.COM – Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara meraih juara umum program pembangunan kependudukan dan keluarga berencana (Bangga Kencana) serta percepatan penurunan stunting tingkat provinsi Maluku.

Prestasi membanggakan diraih daerah berjuluk Larvul Ngabal ini di bawah kepemimpinan Penjabat Bupati Maluku Tenggara Jasmono.

Maluku Tenggara meraih 12 penghargaan dalam berbagai kategori. Penghargaan dari Pemerintah Provinsi Maluku dan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional itu diserahkan oleh Penjabat Gubernur Maluku Sadali Ie.

Penghargaan diberikan pada peringatan Hari Keluarga Nasional ke-31 tingkat Provinsi Maluku, Senin (15/7/2024) dan diterima Penjabat Bupati Maluku Tenggara Jasmono.

Jasmono atas nama pemerintah daerah dan masyarakat Maluku Tenggara mengucapkan terima kasih atas penghargaan tersebut.

“Ini adalah bentuk apresiasi atas kebijakan, langkah-langkah konkrit dan inovasi yg telah dilakukan Pemerintah Daerah Maluku Tenggara khususnya dalam mengatasi berbagai masalah Kependudukan dan Keluarga Berencana serta upaya-upaya untuk mencegah dan mempercepat penurunan stunting di daerah ini,” kata Jasmono.

Banyak langkah-langkah terobosan atau inovasi yang sudah dibuat Pemda Maluku Tenggara, diantaranya proyek perubahan (inovasi) Jeko Pabasting (Jemput, Konsoling, Pasang, Aman, dan Bebas Stunting) yang ditujukan untuk mengatur jarak kehamilan bagi pasangan usia subur, serta memastikan agar kelahiran bayi sehat dan bebas stunting.

“Semua pelayanan yang bersifat pro aktif dan jemput bola ini diberikan secara gratis atau tidak dipungut biaya,” kata Kepala Inspektorat Maluku ini.

Terobosan lain yang dibuat lanjut Jasmono, yaitu inovasi Program Rumah Singgah Hanarun, dibangun di beberapa titik wilayah desa yang memiliki presentasi stunting tinggi. Tujuannya adalah untuk mencegah dan mengatasi masalah stunting, memperbaiki status kurang gizi dan gizi buruk bagi bayi dan balita, termasuk untuk meminimalisasi resiko kehamilan akibat kekurangan gizi kronik dan anemia.

“Rumah Singgah Hanarun ini juga ditujukan untuk membantu mempersiapkan ibu hamil dalam menjalani masa kehamilan termasuk persiapan pada saat melahirkan,” ujar Jasmono.

MALUKU TENGGARA
Penjabat Gubernur Maluku Sadali Ie menyerahkan penghargaan juara umum program pembangunan kependudukan dan keluarga berencana serta percepatan penurunan stunting kepada Penjabat Bupati Maluku Tenggara Jasmono, Senin (15/7/2024). (ISTIMEWA)

Dia berharap penghargaan ini dapat menambah motivasi dan spirit bagi Pemda Maluku Tenggara untuk terus bekerja dan berkarya bagi kemajuan daerah dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Terima kasih kepada pimpinan OPD dan jajaran ASN, khususnya Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Daerah, Dinas Kesehatan serta OPD terkait lainnya yang telah bekerja keras sehingga Pemerintah Daerah Maluku Tenggara dapat meraih prestasi ini,” tukas Jasmono. (ANO)

Ikuti berita sentraltimur.com di Google News

  • Bagikan