banner 728x250

Jejak Cemerlang Bahlil Lahadalia: Sopir Angkot, Menteri Investasi, Kini Menteri ESDM

  • Bagikan
BAHLIL LAHADALIA
Bahlil Lahadalia kini menjadi Menteri ESDM. (ISTIMEWA)
banner 468x60

AMBON, SENTRALTIMUR.COM – Presiden Joko Widodo resmi melantik sejumlah menteri dan wamen serta kepala badan. Pelantikan dan pengambilan sumpah dilakukan di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (19/8/2024).

Salah satunya yang dilantik yakni Bahlil Lahadalia menjadi Menteri ESDM menggantikan Arifin Tasrif. Bahlil sebelumnya menjabat Menteri Investasi/Kepala BKPM, yang posisinya kini diisi oleh Rosan Roeslani.

Selama di Kementerian Investasi/BKPM Bahlil membantu mengerek investasi serta menyelesaikan target-target dari Jokowi.

Sebelum duduk di pemerintahan, Bahlil lama berkecimpung sebagai pengusaha. Dia pernah menjabat sebagai Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) periode 2015-2019.

Pria kelahiran Banda, kabupaten Maluku Tengah, Maluku, 7 Agustus 1976 itu masuk ke dalam kabinet Indonesia Maju di periode kedua kepemimpinan Presiden Jokowi.

Selama periode kampanye Pemilu tahun 2019, Bahlil sebagai tim sukses Joko Widodo-Ma’ruf Amin. Sampai akhirnya, Bahlil dilantik sebagai Kepala BKPM pada 23 Oktober 2019.

Menukil detik.com, sebagai pengusaha, Bahli merintis karier dan bisnis dari nol. Dia terlahir dari keluarga dengan ekonomi pas-pasan. Ayahnya seorang kuli bangunan dan sang ibu bekerja sebagai tukang cuci. Namun hal tersebut tak membuatnya menyerah.

Sejumlah profesi pernah dilakoni. Dengan kerja keras itulah dia menjadi orang besar yang tadinya bukan siapa-siapa.

Bahkan, sejak masih duduk di bangku sekolah dasar, Bahlil sudah berjuang. Dia berjualan kue untuk memenuhi kebutuhannya, mulai dari membeli buku, sepatu, hingga kelereng untuk bermain dengan kawannya.

Ketika beranjak remaja segala macam pekerjaan kasar dilakukan Bahlil. Mulai dari kondektur angkot, jualan ikan, kuli bangunan, sampai akhirnya jadi sopir angkot. Bahkan dia mengaku sering menghabiskan masa remajanya hidup di terminal.

Dengan segala kekurangannya, justru Bahlil nekat mau mengubah nasib. Dari Fakfak, dengan modal pas-pasan dirinya terbang ke Jayapura, niatnya untuk kuliah. Cabut ke Jayapura, dia cuma membawa ijazah SMA, tiga setel baju, SIM dan kantong kresek. Bahkan, orang tuanya pun tidak tahu kalau dia ke Jayapura hanya untuk kuliah.

BAHLIL LAHADALIA
Presiden Joko Widodo melantik sejumlah menteri dan wamen serta kepala badan di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (19/8/2024). Bahlil Lahadalia dilantik menjadi Menteri ESDM. (ISTIMEWA)

Sampai di Jayapura Bahlil sempat luntang-lantung karena tidak ada kampus yang mau menerimanya, namun suatu hari dia dikuatkan oleh ketua asrama yang ditinggalinya. Bahlil bercerita dia dimotivasi untuk tetap kuliah, hingga akhirnya dia mendaftarkan diri ke kampus swasta.

  • Bagikan