banner 728x250

NasDem Belum Usulkan Pergantian Irene Russel di DPRD Kota Ambon, Ini Alasannya

  • Bagikan
IRENE RUSSEL
Ketua DPW Partai NasDem Provinsi Maluku Hamdani Laturua. (ISTIMEWA)
banner 468x60

AMBON, SENTRALTIMUR.COM – Usulan pergantian Irene Maureen Russel, anggota DPRD Kota Ambon terpilih periode 2024-2029 yang meninggal dunia menjelang pelantikan belum dilakukan Partai NasDem.

NasDem belum mengusulkan nama pengganti Irene untuk dilantik karena masih menunggu surat kematian dari pihak keluarga.

“Itu mekanismenya (keluarga Irene) urus surat kematiannya dulu baru diserahkan ke partai, nanti partai proses,” kata Ketua DPW Partai NasDem Provinsi Maluku Hamdani Laturua kepada sentraltimur.com, Kamis (12/9/2024).

Keluarga mendiang Irene belum menyerahkan akta kematian kepada partai NasDem. “Akte kematian belum. Nanti kalau sudah dimasukkan kita langsung proses,” ujarnya.

Sesuai aturan, pergantian anggota DPRD yang berhalangan tetap atau sakit, meninggal dunia, mengundurkan diri atau dipecat karena terjerat pidana akan diganti dengan peraih suara terbanyak berikutnya.

Body Wane Ruperd Mailuhu yang meraih suara terbanyak berikutnya berhak menggantikan Irene. Namun Hamdani menyatakan siapa yang akan diusulkan menggantikan Irene masih dalam proses. “Itu saya belum tahu. Tapi nanti diproses,” katanya.

Irene Maureen Russel terpilih sebagai anggota DPRD Kota Ambon dari dapil Ambon I meliputi Kecamatan Sirimau dan Leitimur Selatan. Namun dia batal dilantik bersama 34 rekannya karena meninggal dunia menjelang pelantikan.  

Partai NasDem merasakan kehilangan atas berpulangnya Irene. Hamdani menyampaikan belasungkawa yang mendalam kepada keluarga yang ditinggalkan. “Atas nama partai kami menyampaikan duka cita yang mendalam bagi keluarga yang ditinggalkan,” kata Hamdani. (MAN)

Ikuti berita sentraltimur.com di Google News

  • Bagikan