banner 728x250

Pemkot Ambon Komitmen Cegah Stunting, Ini Targetnya

  • Bagikan
AMBON KOMITMEN
Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy menandatangani deklarasi dan komitmen pencegahan dan penurunan angka stunting Kota Ambon, Rabu (29/12/2021). (FOTO: ISTIMEWA)
banner 468x60

AMBON, SENTRALTIMUR.COM – Pemerintah Kota Ambon komitmen mencegah stunting atau kekerdilan tubuh pada balita dan anak.

Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy mengajak pimpinan OPD, camat, kepala desa/lurah dan raja serius dalam penanganan stunting untuk mencapai target nasional angka stunting 14 persen di tahun 2024.

BACA JUGA:

Kejati Maluku Rangking 4 Penanganan Tipikor di Indonesia – sentraltimur.com

KPK Tetapkan Bupati Hulu Sungai Utara Tersangka Dugaan TPPU – kliktimes.com

“Saat ini angka stunting berada di 28 persen secara nasional. Dan dalam jangka waktu dua tahun pemerintah berusaha agar turun menjadi 14 persen,” kata Richard saat deklarasi dan penandatanganan komitmen bersama Pemkot dalam pencegahan dan penurunan angka stunting Kota Ambon, Rabu (29/12/2021).

Target penurunan angka stunting juga berkaitan dengan obsesi bangsa Indonesia mempersiapakan Generasi Emas 2045 di mana Indonesia menjadi salah satu negara maju.

Karena itu kata Richard, untuk mempersiapkan Generasi Indonesia Emas, pemerintah harus memastikan anak–anak tumbuh cerdas, sehat, berbudaya dan menjunjung tinggi pruralisme dan kebhinekaaan.

“Anak–anak  Indonesia harus menjadi manusia yang taat, religious. Memiliki sopan santun dan komunikasi yang baik. Namun dalam mencapai itu semua, stunting adalah salah satu masalah yang harus kita hadapi,” ujarnya.

Target Turunkan Angka Stunting

Stunting, memiliki dampak janga pendek dan jangka panjang terhadap tumbuh kembang anak. Mulai dari kelainan kondisi fisik, rentan terhadap penyakit, hingga sel- sel otak yang tidak berfungsi secara normal dalam aspek kognitif.

“Dampak jangka panjang akan mempengaruhi tingkat produktifas anak tersebut. Sehingga berdampak pada aspek ekonomi dan tingkat kesejahteraan nantinya,” ujar mantan ketua DPRD Maluku.

Richard mengingatkan dalam mengejar target penurunan angka stunting, berbagai strategi harus diupayakan. Salah satunya dengan reorientasi program dengan pendekatan solidaritas kemanusiaan bukan proyek.

  • Bagikan