banner 728x250

2022, Traffic Light di Ambon Gunakan Sistem ATCS-ITS

  • Bagikan
Traffic light di perempatan kawasan jalan A.Y Patty, Kota Ambon. (FOTO: SENTRALTIMUR.COM)
banner 468x60

AMBON, SENTRALTIMUR.COM – Traffic light di Kota Ambon akan menggunakan sistem Area Traffic Control System (ATCS) Intelligent Transport System (ITS). Sistem tersebut akan terpasang di lampu pengatur lalu lintas itu tahun 2022.

Tujuannya untuk meningkatkan keselamatan, kelancaran, mengoptimalkan siklus lampu lalu lintas, dan mengurangi antrian kendaraan di ruas maupun persimpangan jalan.

“Janji Kementerian (Perhubungan) itu tahun anggaran 2022 traffic lights sudah memakai sistem ATCS-ITS,” kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Ambon, Robby Sapullete, Kamis (5/8/2021).

Sistem lalu lintas ini sangat canggih karena kata dia, bisa mengatur waktu sinyal di persimpangan secara responsif dan terkoordinasi.

Sistem itu juga menyediakan rekaman data lalu lintas, jika terjadi kecelakaan dan sebagainya.

“Yang ITS ini agak mahal, dan yang paling canggih dari ATCS. Kita mohon bantuan dari Pemerintah Pusat melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat. Kita masih menunggu itu,” katanya.

Sambil menunggu pemasangan alat canggih tersebut, Dinas Perhubungan rutin mengontrol sistem traffic light.

“Sambil menunggu kita tetap lakukan pemeliharaan terhadap traffic light yang ada saat ini,” jelas Robby.

Dia mengakui masih kerap terjadi gangguan traffic lights, karena faktor alam seperti tingginya curah hujan dan sambaran petir.

Robby katakan, sedang menyiapkan anggaran untuk pengadaan alat penangkal hujan maupun petir.

“Kita sementara menganggarkan untuk memasang penangkal petir pada traffic light agar bisa bekerja maksimal dalam segala kondisi baik hujan maupun panas,” katanya. (ANA)

  • Bagikan