banner 728x250

75 Pembalap Sepeda Bertarung di Tour de Moluccas

  • Bagikan
Pembalap sepeda
Kapolda Maluku Irjen Pol. Refdi Andri melepas peserta balap sepeda Tour de Moluccas di depan tugu Gong Perdamaian Dunia, kota Ambon, Selasa (26/10/2021). (FOTO: SENTRALTIMUR.COM)
banner 468x60

AMBON, SENTRALTIMUR.COM – Sebanyak 75 pembalap bersaing pada kejuaraan balap sepeda internasional Tour de Moluccas 2021.

Kapolda Maluku, Irjen Pol. Refdi Andri melepas lomba balap sepeda jalan raya ini di depan tugu Gong Perdamaian Dunia, kota Ambon, Selasa (26/10/2021).

Saat melepas pembalap, Refdi menyampaikan even Tour de Moluccas 2021 tidak hanya menjadi ajang olahraga balap sepeda. Tetapi juga ajang pariwisata yang bertujuan untuk memperkenalkan destinasi wisata Maluku ke Indonesia dan dunia internasional. “Dengan kegiatan ini, dunia pariwisata di Maluku akan lebih dikenal,” kata Refdi.

BACA JUGA:

Tersisa 20 Pasien, Maluku Segera Terbebas dari Covid-19 – sentraltimur.com

Wali Kota Malang Kena Denda Rp 25 Juta, Bersalah Langgar PPKM – kliktimes.com

Dia meyakini even Tour de Moluccas akan mampu meningkatkan geliat pariwisata Maluku, sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Khususnya di lokasi-lokasi yang dilintasi para peserta balap sepeda Tour de Moluccas.

“Pemerintah provinsi Maluku, akan terus berupaya mempromosikan semua destinasi dan daya tarik wisata lewat penyelenggaraan berbagai event daerah,” katanya.

Refdi pun mengajak para peserta untuk menikmati balapan sekaligus panorama alam yang indah di tanah Maluku. “Kepada seluruh peserta untuk selalu menjaga kondisi agar tetap sehat. Dan memiliki stamina yang prima untuk menikmati panorama alam di Maluku,” ujar mantan Kakorlantas Polri ini.

Pembukaan Tour de Moluccas juga hadir Plh Sekretaris Daerah Maluku Sadli Ie, Kepala Dinas Pariwisata Maluku Marcus.J. Pattinama, para pejabat TNI, Polri, tokoh agama, tokoh masyarakat dan pegiat olahraga.

Lintasi Destinasi Wisata Maluku

Pemerintah provinsi Maluku mengemas ajang balap sepeda ini mengusung konsep fun bike. Balapan berlangsung 26-29 Oktober 2021.

Pembalap akan mengelilingi Pulau Ambon, menempuh jarak 131,76 Km. Berlanjut mengelilingi Pulau Banda, kabupaten Maluku Tengah, kota Tual, dan kabupaten Maluku Tenggara.

Tour de Moluccas akan melewati destinasi–destinasi wisata terbaik Maluku yaitu Ambon, Banda, dan Kei. Even dengan peserta dari nusantara ini lebih mengangkat keindahan pariwisata Maluku.

Sepanjang perlombaan peserta akan melewati sejumlah spot yang menyajikan  pemandangan indah di antaranya Pantai Namalatu – Pantai Hunimua, (fun bike);  pulau  Banda History (trip), serta finish di Kei Langgur pada festival Meti Kei, (race).

Tour de Moluccas mulai bergulir tahun 2017. Kejuaran ini sempat terhenti dua tahun saat wabah Covid-19 melanda provinsi Maluku.

Tahun 2017, Tour de Moluccas, balapan dimulai dari kota Piru, kabupaten Seram Bagian Barat. Tour de Moluccas tahun 2018 kota Namlea, kabupaten Buru mengawali etape pertama ajang tersebut.

Dua tahun Pemprov Maluku tidak menggelar Tour de Moluccas. Baru di tahun ini Tour de Moluccas kembali bergulir. (MAN)

  • Bagikan