banner 728x250

Sempat Dikeluarkan, Dibantu Anggota DPR Asal Sulut: Calon Anggota TNI AD Keturunan Tual-Myanmar Segera Dilantik

  • Bagikan
ANGGOTA TNI
Heins J.D Songjanan, calon anggota TNI AD dan orangtuanya video call dengan Anggota Komisi I DPR RI asal Sulawesi Utara Hillary Brigitta Lasut. (FOTO: TANGKAPAN LAYAR INSTAGRAM)
banner 468x60

AMBON, SENTRALTIMUR.COM – Keinginan Heins J.D Songjanan menjadi anggota TNI AD akhirnya bakal terkabul.

Sosok Heins viral setelah kisahnya dikeluarkan dari pendidikan sekolah calon tamtama (Secata) di Rindam XVI Pattimura diunggah di facebook, Jumat (8/4/2022).

Sebelumnya remaja berdarah Tual, Provinsi Maluku dan Myanmar ini lolos seleksi calon TNI AD dan mengikuti pendidikan Secata. Heins menyita perhatian publik setelah gagal dilantik sebagai anggota TNI AD pada 16 April mendatang.

Dia keluarkan dari pendidikan Secata karena kasus pemalsuan dokumen oleh ayahnya Maikel Songjanan, warga negara Myanmar.

Heins J.D  Songjanan adalah warga Taar Kecamatan Dullah Selatan Kota Tual, Maluku. Heins memiliki darah campuran Myanmar dari ayahnya dan Indonesia dari sang ibu, warga Tual. Dia menamatkan pendidikan SD-SMA di kampung halamannya Desa Taar.

BACA JUGA:

Waduh! ASN di Maluku Tidak Dapat THR, Kok Kebijakan Berbeda dengan Kemenkeu – sentraltimur.com

Tolak Penundaan Pemilu, Ribuan Mahasiswa Geruduk Kantor Gubernur dan DPRD Maluku – sentraltimur.com

Kini mimpi Heins J.D Songjanan menjadi anggota TNI AD bakal terwujud. Anehnya tidak ada campur tangan dari 8 anggota DPR dan DPD RI asal Maluku di Senayan agar Heins kembali diterima sebagai calon anggota TNI AD.

Bantuan malah datang dari anggota DPR RI daerah pemilihan Sulawesi Utara (Sulut) Hillary Brigitta Lasut. Anggota Komisi I DPR RI itu menyampaikan kabar gembira bagi Heins J.D Songjanan dan keluarganya di akun Instagramnya.

Hillary menyampaikan Heins telah dipanggil kembali oleh Kodam XVI Pattimura untuk mengikuti pelantikan pada Sabtu (16/4/2022) mendatang.

“Alhamdulillah puji Tuhan, adik Heins Songjanan dipanggil kembali untuk mengikuti pelantikan pada Sabtu besok. Selamat untuk adik Heins,” demikian mengutip posting Hillary di Instagramnya, Selasa (12/4/2022).

Mimpinya menjadi kenyataan, Hillary mengucapkan selamat kepada Heins. “Selamat Heins,” ujarnya.

Hillary Apresiasi Panglima TNI & KSAD

Politisi partai NasDem itu menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dan KSAD Jenderal Dudung Abdurachman yang telah mempertimbangkan kembali pemberhentian Heins. 

“Puji Tuhan di Indonesia kita diberkati dengan pemimpin-pemimpin militer yang luar biasa yang mau peduli terhadap mimpi generasi muda dari semua kalangan, dan peka terhadap seruan rakyat. Terima kasih Panglima dan KSAD,” tulis Hillary.

  • Bagikan