banner 728x250

Waspada! Pohon Tumbang, Banjir dan Longsor Kepung Ambon

  • Bagikan
BANJIR LONGSOR
Hujan deras menumbangkan pohon di depan kampus Universitas Pattimura, kawasan Poka, Ambon, Selasa (5/7/2022). (FOTO: ISTIMEWA)
banner 468x60

AMBON, SENTRALTIMUR.COM – Musibah banjir dan longsor terjadi di sejumlah tempat di Kota Ambon, Selasa (5/7/2022).

Bencana itu datang setelah hujan deras tanpa henti mengguyur kota Ambon dan sekitarnya sejak Selasa dini hari hingga siang.

Banjir menerjang kawasan Desa Nania, Waiheru, Batu Merah, Hunuth, dan Kate-Kate. Banjir juga menerjang kawasan Durian Patah, Ahuru, Passo, Poka, Halong dan sejumlah kawasan lainnya di Ambon.

Puluhan rumah warga khususnya yang berada di bantaran sungai terendam. Belum ada laporan korban jiwa dalam bencana alam tersebut.

BACA JUGA:

Usai Kasus Suap Alfamidi, KPK Tetapkan Richard Louhenapessy Tersangka TPPU – sentraltimur.com

Pemerintah Naikkan HET Minyak Goreng, Anggota DPR RI Mulyanto Sebut Kebijakan

Selain menerjang permukiman warga, banjir juga merendam sejumlah ruas jalan utama di Kota Ambon seperti jalan Jenderal Sudirman, Halong, jalan Sultan Hasanudin, kawasan MCM Ambon, kawasan Passo dan beberapa kawasan.

Kuatnya arus banjir menyebabkan jalan-jalan tersebut sulit dilewati kendaraan. Dampak banjir juga menyebabkan arus lalu lintas di Halong tak bisa dilalui lantaran jembatan darurat di kawasan itu rusak parah. Akibatnya, jembatan terpaksa ditutup. Kendaraan yang hendak melintas dialihkan melewati Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) IX Ambon.

Selain merusak jembatan, hujan deras juga menyebabkan ruas jalan di kawasan Wayame amblas dan nyaris terputus.

Musibah longsor juga terjadi di sejumlah lokasi di Ambon yakni di kawasan Amantelu, Batu Merah Dalam, Batu Gajah, Hatiwe Kecil hingga Kebun Cengkeh. Longsor menyebabkan sejumlah rumah warga mengalami kerusakan.

Longsor Hantam Rumah Warga

Di kawasan Batu Merah Dalam misalnya, sebuah bongkahan batu besar ikut terguling dan menghantam tiga rumah warga hingga bolong.

  • Bagikan