banner 728x250

Banjir Kepung Ambon, Ratusan Rumah Warga Terendam

  • Bagikan
BANJIR NYAWA
Rumah warga yang berada di bantaran sungai di kawasan Batu Merah Dalam, Kota Ambon terendam banjir, Jumat (8/7/2022). (FOTO: SENTRALTIMUR.COM)
banner 468x60

AMBON, SENTRALTIMUR.COM – Kota Ambon kembali dikepung banjir setelah hujan deras tanpa henti mengguyur wilayah Pulau Ambon dan sekitarnya sepanjang, Jumat (8/7/2022).

Akibat musibah itu, ratusan rumah warga terendam banjir. Rumah warga yang terendam banjir itu tersebar di desa Passo, Negeri Lama, Wayame, Waiheru, Poka dan Durian Patah. Kemudian di kawasan Hatiwe Kecil, Halong, Batu Merah dan sejumlah kawasan lainnya.

Hingga malam ini hujan deras masih terus mengguyur wilayah Kota Ambon dan banjir masih teurs terjadi di beberapa lokasi.

Banjir kali ini terbilang paling parah lantaran ketinggian banjir yang menggenangi rumah-rumah warga bahkan mencapai pinggang orang dewasa.

Di kawasan Batu Merah misalnya, luapan sungai menyebabkan banjir merendam seluruh rumah warga yang berada di bantaran sungai. Banjir yang merendam rumah warga mencapai dua meter.

“Ada ratusan rumah warga terendam banjir. Mulai dari kepala air sampai Batu Merah Dalam semua terendam dan ketinggian banjir sangat parah,” kata Irfan, warga Batu Merah Dalam kepada sentraltimur.com, Jumat.

Akibat banjir di kawasan itu, banyak anak-anak, perempuan dan lansia diungsikan ke lokasi yang lebih aman. “Iya, yang mengungsi perempuan, anak-anak dan orangtua,” ujarnya.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ambon mencatat sebanyak 715 rumah warga tersebar di sejumlah kawasan terendam banjir hingga mencapai ketinggian pinggang orang dewasa.

“Jumlah rumah warga yang terendam banjir di Ambon sebanyak 715 rumah. Dan ketinggian banjir mencapai pinggang orang dewasa,” kata Kepala BPBD Kota Ambon, Demmy Paays kepada sentraltimur.com, Jumat.

Selain merendam ratusan rumah warga, banjir juga menggenangi jalan-jalan utama di Ambon menyebabkan kendaraan sulit melintas.

  • Bagikan