banner 728x250

Sejumlah Desa di Maluku Tengah Mulai Takbiran di Masjid

  • Bagikan
Ilustrasi takbiran menyambut Idul Fitri. (FOTO: ISTIMEWA)
banner 468x60

AMBON, SENTRALTIMUR.COM – Warga muslim di sejumlah desa di Kabupaten Maluku Tengah, Pulau Ambon mulai menggelar takbiran di masjid, Selasa (11/5/2021) malam.

Sejumlah desa yang mulai menggelar takbiran menyambut Idul Fitri 1442 Hijriah itu, yakni Desa Wakal, Seith, Hila, Kaitetu di Kecamatan Leihitu dan warga Desa Tengahtengah di Kecamatan Salahutu.

Sekretaris Desa Wakal, Armal Samal yang dihubungi mengatakan warga di desa itu telah mengeluarkan zakat fitrah sejak sore dan mulai Rabu pagi (12/5/2021) akan menggelar shalat Id di Masjid Nurul Awal desa tersebut.

“Kita sudah keluarkan zakat fitrah tadi dan besok pagi  kita sudah shalat Id,“ kata Armal via telepon seluler, Selasa malam.

Malam ini kata Samal, warga di desa Wakal mulai bertakbir di masjid dan tidak lagi menggelar shalat tarawih berjamaah.

Malam takbiran tahun ini dilakukan sederhana tanpa pawai takbiran oleh warga di desa tersebut. ”Di sini tidak ada pawai takbiran, juga pawai obor tidak ada, hanya takbiran di masjid,” ujar Samal.

Takbiran di desa Wakal digelar usai shalat isya berjamaah di Masjid Nurul Awal.

Warga Desa Seith, Sam Hatuina katakan, warga di desanya juga telah mengeluarkan zakat fitrah dan mengumandangkan takbir di masjid sebagai tanda menyambut hari kemenangan yang fitrah.

Menyambut lebaran, warga juga menghias masjid dengan umbul-umbul. “Kita di sini juga sudah malam takbiran, karena besok itu sudah lebaran,” ujarnya.

Sementara warga di Desa Tengahtengah juga tidak lagi menggelar shalat tarawih berjamaah dan telah mengeluarkan zakat fitrah sejak Selasa sore.

“Kalau di (kecamatan) Salahutu yang yang saya tahu hanya di Tengahtengah yang duluan lebaran besok, kita sudah keluarkan zakat tadi sore,” ujar Ahmad Leurima, warga Desa Tengahtengah. (MMS)

  • Bagikan