banner 728x250

DPRD Maluku Desak BPBD Segera Tanggulangi Bencana

  • Bagikan
Jembatan Waimala di kecamatan Elpaputih, kabupaten Seram Bagian Barat (kiri) dan jembatan di wilayah Seram Selatan, Maluku Tengah putus diterjang banjir, Minggu (17/7/2022). (FOTO: ISTIMEWA)
banner 468x60

AMBON, SENTRALTIMUR.COM – DPRD Maluku mendesak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) segera mengambil langkah konkrit menyikapi bencana akibat cuaca ekstrem.

“Kami minta Pemda Maluku melalui BPBD untuk berkoordinasi dengan BPBD kabupaten/kota agar dampak bencana bisa ditangani secara terkoordinasi,” kata Ketua DPRD Maluku Lucky Wattimury kepada wartawan di DPRD Maluku, Selasa (19/7/2022).

Koordinasi perlu dilakukan secepatnya sehingga bisa diambil langkah terstruktur dan terkoordinasi dalam penanganan bencana. “Kalau memang dianggap penting kebijakan ditangani serius, bupati/walikota bisa menetapkan tanggap darurat, sehingga langkah yang lebih tegas bisa diambil,” ujarnya.

Menurut Lucky dalam penyampaian aspirasi ke pemerintah pusat, pekan kemarin, DPRD Maluku telah berkoordinasi dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyangkut bencana yang terjadi di Maluku.

Karena itu lanjut Lucky, hal ini tentu harus ditindaklanjuti oleh masing-masing pemerintah kabupaten/kota berupa laporan ke pemerintah pusat sesuai tugas dan kewenangannya.

DPRD Maluku kata Lucky, juga telah berkoordinasi dengan Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) XVI Maluku maupun Balai Wilayah Sungai (BWS) Maluku untuk mengambil kebijakan penanganan jalan maupun jembatan yang rusak di kabupaten Maluku Tengah, Seram Bagiam Barat, Kota Ambon dan kabupaten Maluku Tenggara maupun daerah lainnya.

  • Bagikan