banner 728x250

Bupati MBD: ASN Wajib Jaga Rahasia Jabatan & Negara

  • Bagikan
WAJIB JAGA
Bupati Maluku Barat Daya Benyamin Thomas Noach menyerahkan penghargaan Satya Lencana Karya Satya kepada ASN di lingkup Pemkab MBD usai upacara Hari Kesadaran Nasional, Jumat (17/02/2023). (FOTO: DISKOMINFO MBD)
banner 468x60

TIAKUR, SENTRALTIMUR.COM – Upacara Hari Kesadaran Nasional (HKN) dilaksanakan di halaman Kantor Bupati Maluku Barat Daya, Jumat (17/02/2023).

Peringatan HKN dipimpin Bupati MBD Benyamin Thomas Noach diikuti ASN lingkup Pemkab MBD. Benyamin menegaskan pentingnya upacara HKN yang selalu dilaksanakan pada setiap tanggal 17 bulan berjalan.

Upacara HKN dilaksanakan untuk memelihara dan meningkatkan rasa kebangsaan serta cinta Tanah Air, pengabdian terhadap negara dan rakyat Indonesia serta menumbuhkan kesadaran nasional dan disiplin ASN. 

“Upacara ini punya maksud untuk memberikan kesadaran bagi Korps Pegawai Republik Indonesia. Kita adalah satu tubuh, satu korps dengan tentu mengacu pada hirarki yang sudah ditetapkan.  Setiap jenjang pasti ada pemimpinnya, wajib hukumnya kita hormat, tunduk dan taat pada perintah secara terstruktur,” kata Benyamin.

ASN yang hadir pada peringatan HKN adalah Korps Pegawai sebagai abdi negara dan abdi masyarakat. ASN harus mampu melaksanakan tugas sebaik-baiknya untuk kesejahteraan rakyat, kemajuan bangsa dan menegakan keadilan dan kebenaran.

“Belakangan ini pegawai seakan-akan badannya terpisah-pisah, bukan satu tubuh. Ada yang jalan sendiri, berpikir sendiri, berbuat sendiri atau loss off control, itu tidak boleh terjadi. Ada rahasia kantor yang tidak boleh orang tahu, tiba-tiba muncul di facebook, bahkan menjadi konsumsi publik. Mereka itu tidak ada toleransi bahkan zero tolerance, pecat karena melanggar sumpah atau janjinya untuk memegang teguh rahasia jabatan dan rahasia negara yang selalu diucapkan baik setiap tanggal 17 serta saat pengangkatan sebagai ASN maupun pelantikan dalam jabatan,” tegasnya.

Menjunjung Kehormatan Bangsa

Sesuai dengan ikrar sumpah dan janji PNS yang termaktub dalam Panca Prasetya Korpri Pegawai Negeri, salah satunya berjanji menjunjung tinggi kehormatan bangsa dan negara serta memegang teguh rahasia jabatan dan rahasia negara.

Selaras dengan itu, ASN diwajibkan merahasiakan apa yang patut dirahasiakan sebagai rahasia pemerintah. “Di MBD ini ada yang terbuka seterbukanya, apakah harus telanjang? Terbuka bukan berarti telanjang, ini harus dipahami dan dijaga betul. Semua terstruktur pada level pimpinan atas, menengah dan bawah, tidak boleh lompat-lompat,” ujar Bupati mengingatkan.

  • Bagikan