banner 728x250

Begini Kronologi Kebakaran di Jalan Pala Kota Ambon

  • Bagikan
BEGINI KRONOLOGI
Kebakaran di Jalan Pala, kota Ambon, Senin (15/5/2023) merenggut satu korban jiwa. Satu unit mobil, sejumlah ruko dan rumah warga terbakar. (FOTO: TANGKAPAN LAYAR)
banner 468x60

AMBON, SENTRALTIMUR.COM – Setelah lima jam berjibaku, petugas pemadam kebakaran dan personel TNI, Polri berhasil menjinakkan api yang membakar bangunan di Jalan Pala, kecamatan Sirimau, kota Ambon, Senin (15/5/2023) malam.

Si jago merah menghanguskan satu unit mobil, sejumlah ruko dan rumah warga di kawasan tersebut. Lokasi kebakaran berada di kawasan Belakang Kota tidak jauh dari Ambon Plaza.

Kebakaran dipicu oleh ledakan disusul terbakarnya sebuah mobil yang melintasi ruas jalan tersebut sekitar pukul 20.15 WIT. Mobil Daihatsu Sigra DE 1018 AS itu berhenti setelah api membesar dan menjalar membakar pertokoan di kawasan tersebut. Mobil berwarna merah itu hangus terpanggang api.

Guyuran hujan belum mampu memadamkan kobaran api yang membakar sejumlah bangunan di lokasi kejadian di kawasan Belakang Kota. Kebakaran diduga berawal dari terbakarnya mobil Sigra yang dikemudikan Trimsan Pattiselano (41) yang melintasi Jalan Pala.

Insiden itu juga menyebabkan beberapa orang mengalami luka bakar. Salah seorang warga bernama Sri Umar dilaporkan meninggal dunia akibat menderita luka bakar. Ketika kebakaran terjadi wanita berusia 26 tahun itu terperangkap dalam ruko. Sedangkan Trimsan Pattiselano, sopir mobil Sigra berhasil selamat. Namun sekujur tubuhnya menderita luka bakar.

Polisi Periksa Saksi

Jasad korban meninggal dan korban selamat dibawa ke RSUD Bhayangkara Polda Maluku di kawasan Tantui. Polisi bergerak menyelidiki insiden tersebut dengan memeriksa sejumlah saksi dan melakukan olah TKP.

Kepala Seksi Humas Polresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease, Ipda Janete Stephanie Luhukay mengatakan, dari keterangan saksi yang merupakan pemilik Toko Ananda, Ashari Hamsa menuturkan saat kejadian, saksi sementara mencuci mobil di depan tokonya.

Tiba-tiba pemilik toko yang menjual mebel itu mendengar bunyi ledakan disertai nyala api dari mobil Daihatsu Sigra DE 1018 AS yang melintas menuju arahnya.

Ashari berusaha menahan mobil tersebut sambil berteriak minta tolong. Tetapi api semakin besar dari dalam mobil. “Karena api membakar mobil Sigra, saksi berupaya menyelamatkan dirinya dengan cara mengenderai mobilnya,” kata Janete, Selasa (16/5/2023).

Kejadian begitu cepat, saksi Ashari melihat api dari mobil merembet dan membakar tokonya. Laporo, saksi lainnya menuturkan saat kejadian, dia sementara berdiri di depan kiosnya. Dia mendengar bunyi ledakan yang tidak jauh dari tempatnya berdiri.

“Saksi melihat mobil Sigra terbakar dan sopir keluar dari dalam mobil menyelamatkan diri,” kata Janete mengutip keterangan Laporo.

Setelah sopir melompat, mobil yang terbakar bergerak maju mengarah ke kiri jalan dan mengarah ke Toko Ananda. Api dengan cepat menyambar bangunan toko yang menjual mebel tersebut.

Sekitar pukul 20.30 WIT, sebanyak 8 unit mobil pemadam kebakaran Kota Ambon tiba di TKP dibantu 2 unit mobil Tangki air milik TNI berusaha memadamkan kobaran api tersebut.

  • Bagikan