banner 728x250

Dua Destinasi Wisata MBD Masuk Nominasi API Award 2023

  • Bagikan
WISATA MBD
Taman Meditasi Kukmomor Kisar, kabupaten Maluku Barat Daya masuk nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) Awards 2023. (FOTO: ISTIMEWA)
banner 468x60

TIAKUR, SENTRALTIMUR.COM – Dua destinasi wisata di kabupaten Maluku Barat Daya (MDB) masuk nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) Awards 2023.

Sebelumnya sejumlah potensi wisata di MBD menjadi nominasi dan meraih juara pada API Award sejak tahun 2019 hingga 2022.

Kini Pulau Meatimarang yang berada di kecamatan Mdona Hyera masuk kategori surga tersembunyi. Sedangkan Taman Meditasi Kukmomor Kisar kategori dataran tinggi terindah.

Bupati MBD Benyamin Thomas Noach mengatakan dua potensi wisata yang diusulkan API Award tahun 2023 ini masuk nominasi bersama 178 nominasi lainnya di Indonesia. 

“Telah terpilih 180 nominasi API Award ke-8 tahun 2023 ini dan di dalamnya ada dua nominasi yang diusulkan Pemkab MBD yakni Pulau Meatimarang dan Taman Meditasi Kukmomor Kisar,” kata Benyamin, Kamis (1/6/2023).

Pulau Meatimarang adalah pulau kecil yang berdekatan dengan Pulau Luang yang merupakan daerah perbatasan laut Indonesia dan laut Australia. Sedangkan Taman Meditasi berbukit tinggi dengan lokasi yang lapang dan memiliki latar pemandangan pulau Negara Timor leste, terletak di Kecamatan Kisar Selatan. Oleh masyarakat setempat bukit tersebut diberi nama Bukit Meditasi karena lokasi ini sering dijadikan tempat untuk bermeditasi.

Benyamin katakan, masuk dalam nominasi API Award, dia mengajak semua pihak bersatu dan memberikan dukungan bagi pengembangan kedua destinasi wisata ini. 

Menurutnya perlu ada langkah konkrit dari pemerintah dan masyarakat agar pengembangan lokasi ini layak dijadikan destinasi wisata. “Kita semua harus memberikan dukungan terutama pemerintah desa dan masyarakat. Kita belajar dari Welora, Ilmarang dan Syota, di sana semua pihak saling mendukung dan bahu membahu. Itu juga yang harus kita terapkan,” katanya mengingatkan.

Dukung Melalui SMS

Karena itu, Benyamin berharap penyediaan dan perbaikan sarana prasarana pendukung sudah harus dilaksanakan secepatnya dan masyarakat sudah dapat memberikan dukungan melalui SMS dan voting melalui akun media sosial yang tersedia.

“Mari kita semua berikan dukungan kita dengan mengirimkan SMS, ketik API 10J untuk Taman Meditasi dan API 18H untuk Pulau Meatimarang, kirim ke 99386. Dukungan juga dapat diberikan melalui akun instagram @ayojalanjalanindonesia, Youtube Channel API award dengan cara subscribe, like, comment dan share,” ajak Bupati Benyamin.

Dukungan suara (vote) melalui SMS, YouTube dan Instagram sudah dibuka pada 01 Mei hingga 30 September 2023. Malam puncak API akan digelar di Kota Ambon pada 3-5 November 2023. (ADI)

  • Bagikan