banner 728x250

Mat Terpental, Ismail Usemahu Jabat Plt Kepala Dinas PUPR Maluku

  • Bagikan
Ismail Usemahu ditunjuk sebagai Pelaksana Tugas Kepala Dinas PUPR Maluku. (FOTO: ISTIMEWA)
banner 468x60

AMBON, SENTRALTIMUR.COM – Muhamat Marasabessy dicopot dari jabatan Kepala Dinas PUPR Maluku. Kursi empuk yang ditinggalkan Mat, sapaan Muhamat Marasabessy diisi oleh Ismail Usemahu.

Gubernur Maluku menunjuk Ismail sebagai Pelaksana Tugas (Plt) kepala Dinas PUPR Maluku. Ismail kini menjabat Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Maluku. Dia pernah menjabat kepala Dinas PUPR saat Said Assagaf menjabat gubernur Maluku.

Sekretaris Daerah Maluku Sadali Ie lagi-lagi tutup mulut dikonfirmasi penunjukkan Ismail sebagai Plt kepala Dinas PUPR Maluku. Pesan whatsapp sentraltimur.com, Rabu (16/8/2023) tidak direspon.

Penujukkan Ismail sebagai Plt telah tersebar di Dinas PUPR Maluku pada Selasa (15/8/2023).  “Pak Ismail jabat Plt Kepala Dinas PUPR Maluku,” ujar sumber sentraltimur.com di Dinas PUPR Maluku, Rabu.

SK Ismail sebagai Plt telah diterbitkan Gubernur Maluku Murad Ismail, kemarin. Namun hari ini Ismail belum terlihat berkantor di Dinas PUPR Maluku. “(Ismail) Belum masuk kantor,” ungkapnya.

Beragam rumor menyertai penonjoban Mat, dari kursi kepala Dinas PUPR Maluku. Mulai dari ketidakharmonisan Mat dengan gubernur dan Sekda Maluku Sadali Ie. Dan kabar nomor induk pegawai (NIP) Mat yang tidak sesuai tahun kelahiran.

Relasi Mat dengan gubernur dan Sekda kerap putus nyambung. Sebagai salah satu orang kepercayaan dan orang dekat, Gubernur Murad memilih Mat sebagai Penjabat Bupati Malteng hingga akhirnya disetujui Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian pada September 2022 lalu.

Sejumlah sumber di Pemerintah Provinsi Maluku mengungkapkan beberapa bulan setelah menduduki kursi Penjabat Bupati Malteng, hubungan Mat dengan gubernur dan Sekda Maluku kerap ‘kendor’ karena pelbagai alasan.

“Iya beberapa kali (hubungan dengan gubernur dan sekda) memanas tapi kemudian mencair lagi, panas lagi,” ujar sumber sentraltimur.com di kantor gubernur, Senin (14/8/2023).  

Puncak retaknya relasi Gubernur Murad dengan Mat terlihat saat Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah menggelar Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke XXX. Murad hadir membuka MTQ yang digelar di Negeri Wakasihu, Kecamatan Leihitu Barat pada Sabtu (22/7/2023) lalu.

Kejanggalan terlihat ketika Mat sebagai tuan rumah perhelatan MTQ 2023 duduk berjauhan dengan gubernur. “Sesuai aturan protokoler seharusnya Pak Mat sebagai penjabat bupati setempat yang menggelar MTQ duduk disamping gubernur yang hadir membuka MTQ, bukan berjauhan. Ini tentunya mengindikasikan sesuatu (hubungan tidak lagi harmonis),” ungkap sumber.

Sebagai kepala Dinas PUPR Maluku, Mat merupakan pejabat eselon IIA yang kini telah berubah menjadi pejabat tinggi pratama di birokrasi Pemprov Maluku. Meski menjabat Pj bupati Malteng sejak September 2022, jabatan Mat sebagai kepala Dinas PUPR Maluku tidak tergantikan.

Rutin Masuk Kantor

Roda birokrasi dan administrasi kantor tetap berjalan seiring ditunjuknya Nurul Ella Sopalau sebagai Plh Kepala Dinas PUPR Maluku semenjak Mat mengisi kursi Pj bupati Malteng. Memimpin Malteng, Mat tetap rutin menjalankan tugas sebagai kepala Dinas PUPR. Minimal dua kali sebulan Mat berkantor di Dinas PUPR Maluku.

  • Bagikan