banner 728x250

Pj Bupati Malteng Dorong Peningkatan Kualitas Layanaan Air Minum

  • Bagikan
AIR MINUM
banner 468x60

MASOHI, SENTRALTIMUR.COM -Kualitas air minum sebagai kebutuhan dasar masyarakat masih rendah. Karenanya, kualitas air minum terus ditingkatkan oleh pemerintah melalui Perusahaan Daerah Air Minum atau PDAM.

Demikian harapan Penjabat Bupati Maluku Tengah Rakib Sahubawa saat membuka rapat kerja daerah Persatuan Perusahaan Air Minum (Perpamsi) Provinsi Maluku di Baileo Soekarno, Kota Masohi, Senin (18/9/2023).

Rakerda Perpamsi dihadiri Ketua Umum Persatuan Perusahaan Air Minum seluruh Indonesia, Kepala Perwakilan BPKP Maluku, tenaga ahli Perpamsi, Mentor PT. Air Minum Giri Menang Provinsi Nusa Tenggara Barat, Ketua DPD Perpamsi Maluku, pimpinan OPD lingkup Pemkab Malteng dan direktur Perumdam/PDAM kabupaten/kota se-Maluku.

Menurut Rakib Rakerda sangat penting karena sebagai wujud komitmen dan peran bersama selaku Pemda dan pemangku kepentingan lainnya untuk mendorong peningkatan layanan air minum bagi seluruh masyarakat di Maluku.

“Sebagaimana amanat UUD Pasal 33 tentang air sebaga kekayaan yang dimiliki oleh negara. Karenanya, sumber air yang ada di suatu daerah harus bisa digunakan dan dimanfaatkan tidak hanya oleh daerah tersebut, tetapi juga oleh seluruh daerah disekitarnya,” katanya.

Rakerda tersebut sangat penting, sebab seluruh PDAM dapat melakukan evaluasi bersama dan koreksi atas capaian kinerja selama setahun dan mendapat bimbingan teknis dan administrasi dari para instruktur agar PDAM/Perumda Air Minum di Maluku semakin baik, sehingga menghasilkan pelayanan yang prima yang dirasakan oleh seluruh pelanggan.

Dia juga berharap, Rakerda tersebut membahas isu-isu strategis dan pengembangan pelayanan air minum di wilayah Maluku. Mengingat cakupan air minum secara nasional masih rendah. Sementara pelayanan air minum adalah tugas pemerintah yang mana telah mengamanatkan kepada BUMD Air Minum.

“Melalui Rakerda ini diharapkan dapat menghasilkan program yang dapat memberikan kontribusi nyata bagi peningkatan kualitas pelayanan air minum untuk masyarakat di Provinsi Maluku, khususnya Kabupaten Malteng,” harap Rakib. (CAL)

Ikuti berita sentraltimur.com di Google News

  • Bagikan