banner 728x250

Pj Gubernur Sultra Sambut Peserta Puncak Bulan Pengurangan Risiko Bencana

  • Bagikan
Peringatan Bulan Pengurangan Risiko Bencana tahun 2023 dilaksanakan di Sulawesi Tenggara pada 10-15 Oktober 2023. (FOTO: ISTIMEWA)
banner 468x60

KENDARI, SENTRALTIMUR.COM – Peringatan Bulan Pengurangan Risiko Bencana (PRB) tahun 2023 dilaksanakan di bumi Anoa, Sulawesi Tenggara (Sultra) pada 10 – 15 Oktober 2023.

Puncak acara digelar di Hotel Claro, Jumat (13/10/2023). Dihadiri Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto.

“Atas nama masyarakat dan segenap komponen bangsa di Sultra, saya mengucapkan selamat datang sekaligus terimakasih karena event ini dilaksanakan di bumi Anoa, Provinsi Sulawesi Tenggara yang kita cintai bersama,” kata Pj Gubernur Sultra Andap Budhi Revianto dalam sambutannya.

PRB adalah agenda nasional dan merupakan peringatan secara internasional ‘international day for disaster risk reduction’ yang diperingati setiap tanggal 13 Oktober.

Untuk tahun 2023, PRB diselenggarakan di Sultra. Adapun tujuan dari peringatannya adalah untuk membangun kesadaran bersama, membangun dialog dan mengembangkan jejaring antar pelaku PRB.

“Sebuah kehormatan bagi masyarakat Sultra karena kami telah dipercaya BNPB sebagai penyelenggara PRB. Kegiatan ini merupakan ajang pembelajaran bersama bagi kami, khususnya masyarakat Sultra, dan Indonesia secara keseluruhan,” kata jenderal bintang tiga ini.

Sistem Penanggulangan Bencana

Saat ini Pemerintah Provinsi Sultra sedang menggagas sistem penanggulangan bencana berbasis data presisi. Sistem ini akan dikembangkan bersama Pusat Mitigasi dan Penanggulangan Kebencanaan Universitas Halu Oleo.

Data presisi diperlukan sebagai dasar pertimbangan pemerintah daerah dalam mengambil keputusan yang tepat demi pembangunan di Sultra. “Rencana pembangunan berkelanjutan hanya bisa terwujud melalui keputusan politik legislasi, politik anggaran, dan politik pengawasan yang kuat,” tegas mantan Kapolda Maluku ini.

  • Bagikan