banner 728x250

PMI-ICRC Operasi Katarak & Bagikan Kacamata di MBD

  • Bagikan
OPERASI KATARAK
banner 468x60

TIAKUR, SENTRALTIMUR.COM – Palang Merah Indonesia bersama ICRC dan klinik mata utama Maluku melaksanakan operasi katarak di RSUD Tiakur, kabupaten Maluku Barat Daya.

Operasi katarak berlangsung pada 1 – 4 November 2023. Operasi diikuti 150 penderita katarak. Bersamaan dibagikan 500 kacamata gratis bagi warga.

Ketua Bidang Kesehatan dan Sosial PMI, CSP Wekadigunawan mengatakan operasi ini untuk membantu pemerintah dan masyarakat di wilayah Indonesia timur yang membutuhkan bantuan pengelihatan.

“Saya berharap kegiatan yang kita lakukan ini dapat membantu Pemerintah Daerah Maluku Barat Daya untuk membantu persoalan kesehatan masyarakat,” katanya.

Wakil Bupati MBD Agustinus L. Kilikily mengatakan, angka kasus katarak cukup tinggi karena kurangnya akses kesehatan dan dokter dan kurangnya pentingnya menjaga kesehatan mata. “Kami menyambut baik kerjasama PMI dengan ICRC di Maluku Barat Daya terutama untuk membantu masalah kesehatan mata. Total sekitar 1300 orang yang datang dari 17 kecamatan di MBD,” kata Agustinus.

Rencana ke depan PMI akan melaksanakan kegiatan serupa di Aru setelah sebelumnya, PMI dan ICRC melakukan operasi katarak dan pembagian kacamata gratis di kabupaten kepulauan Tanimbar, Seram Bagian Timur, Buru, kota Tual, dan Ambon. (RED)

Ikuti berita sentraltimur.com di Google News

  • Bagikan