banner 728x250

Panwascam Dilantik, Ini Harapan Pemkab MBD

  • Bagikan
PANWASCAM DILANTIK
banner 468x60

TIAKUR, SENTRALTIMUR.COM – Panitia Pengawas Kecamatan atau Panwascam membantu Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) mengawasi tahapan Pilkada Serentak 2024.

“Atas nama Pemda, kami menyampaikan selamat kepada Bawaslu Kabupaten MBD yang telah menyeleksi calon anggota Panwascam sehingga saat ini dilaksanakan pelantikan,” kata Asisten II Setda Johzes Leunufna dalam sambutannya mewakili Bupati MBD Benyamin Thomas Noach, Selasa (28/5/2024).

Tugas dan tanggungjawab anggota Panwascam tidak ringan. Panwascam memiliki tugas dan wewenang membantu Bawaslu melakukan pencegahan dan penindakan pelanggaran Pemilu.

Tugas Panwascam tidak mudah. Anggota Panwascam dituntut memberikan penjelasan kepada masyarakat dengan baik sehingga Pilkada berjalan demokratis. “Begitu juga membantu Bawaslu mengawasi pelaksanaan tahapan pemilu. Mencegah terjadinya praktik politik uang,” ingatnya.

Panwascam juga mengawasi netralitas ASN sesuai ketentuan yang berlaku dan mengawasi pelaksanaan keputusan di wilayah kecamatan. “Mengelola, memelihara dan merawat arsip sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan dan menyerahkan arsip kepada Bawaslu setelah habis masa adhoc-nya,” kata Leunufna.

Dia berharap Panwascam mengawasi pelaksanaan sosialisasi penyelenggaraan Pemilu di wilayah kecamatan dan melaksanakan tugas lain dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Karenanya semua tahapan Pilkada dapat diawasi dan berjalan aman, lancar, dan demokratis. ”Dengan harapan pelaksanaan pemilihan serentak tahun 2024 dapat terselenggara dengan baik dan sukses. Saya berharap agar dalam melaksanakan pengawasan kepada masyarakat dengan penjelasan yang detail mungkin, sehingga masyarakat dapat memperoleh informasi yang benar,” kata Leunufna. (MBD)

Ikuti berita sentraltimur.com di Google News

  • Bagikan