banner 728x250

Pj Bupati Malteng Jadi Upulatu HUT Pattimura ke-207

  • Bagikan
HUT PATTIMURA
banner 468x60

AMBON, SENTRALTIMUR.COM – Penjabat Bupati Maluku Tengah Rakib Sahubawa bertindak sebagai upulatu pada peringatan HUT Pattimura ke-207 di lapangan Merdeka, Saparua, Selasa (15/5/2024).

HUT Pattimura di kecamatan Saparua diawali pengambilan sumber api secara adat di gunung Saniri Negeri Tuhaha, Saparua, Senin (14/5/2024).

Api obor Pattimura diarak dari gunung saniri menuju sejumlah negeri negeri, mulai dari Ulath, Saparua, Tiow, Porto dan Haria, menuju lapangan Merdeka, Kota Saparua.

Sahubawa membacakan sambutan Pj Gubernur Maluku Sadali Ie mengajak masyarakat memaknai peringatan HUT Pattimura dengan kerja keras dan sungguh-sungguh.

“Momentum peringatan HUT Pattimura ke 207, merupakan momentum untuk menggelorakan kembali semangat dan nasionalisme. Dan semangat perjuangan bagi Pattimura-Pattimura muda dalam membangun negeri ini,” kata Sadali.

Pattimura telah tiada, namun Pattimura-Pattimura muda tetap ada untuk berjuang menghadapi tantangan demi masa depan Maluku yang lebih gemilang.

Tema HUT Pattimura tahun ini adalah lanjutkan perjuangan pattimura dan wujudkan Maluku Maju, untuk Indonesia Emas. “Pattimura merupakan semangat bagi kita semua untuk melanjutkan perjuangan dan tidak boleh lapuk diperkuat zaman keberanian dan patriotisme dan rela berkorban dan cinta tanah air,” katanya.

Sebagai Pattimura-Pattimura muda terus menggelorakan semangat perjuangan Pattimura dalam membangun daerah, bangsa dan negara.

Menurut Sadali, Maluku maju, dan SDM unggul akan dicapai dengan kerja bersama antara pemerintah, legislatif, dan swasta.

“Kita belajar dari masa lalu untuk belajar dari masa kini untuk menggapai masa depan yang lebih baik. Inilah saatnya Maluku bangkit dengan istilah Indonesia tanpa Maluku bukanlah Indonesia, bahwa Maluku mempunyai kontribusi besar bagi bangsa Indonesia, Kapitan Pattimura adalah salah satu buktinya,” tegas Sadali. (ANO)

Ikuti berita sentraltimur.com di Google News

  • Bagikan