banner 728x250

Pimpin Upacara HUT MBD ke-16, Ini Harapan Bupati

  • Bagikan
HUT MBD
banner 468x60

TIAKUR, SENTRALTIMUR.COM – Bupati Maluku Barat Daya Benyamin Thomas Noach mengajak semua pihak tingkatkan inovasi dan kolaborasi memajukan daerah kearah yang lebih baik dan hebat.

Demikian disampaikan Noach saat menjadi inspektur upacara perayaan HUT MBD ke-16, di lapangan Kalwedo, Minggu (21/7/2024).

Noach menekankan pentingnya inovasi dan kolaborasi untuk membangun MBD menjadi lebih baik. Menurutnya, pemekaran daerah berjuluk Kalwedo ini memberikan ruang kepada untuk kaderisasi pejabat daerah. “Mari kita membangun daerah ini dengan berinovasi, berkreasi, dan mengembangkan diri menjadi MBD hebat,” ajaknya.

Menurut Noach kemajuan daerah tidak datang dengan sendirinya, tetapi membutuhkan usaha dan kerja keras bersama.

MBD 10 tahun lalu dianggap sebagai daerah terbelakang. “MBD ingin maju, tetapi tidak ada yang memberikan secara cuma-cuma. Kita yang harus berusaha, bergandengan tangan, satukan hati, dan satukan tekad untuk memajukan daerah ini,” tegas Noach.

Noach memaparkan beberapa pencapaian MBD selama kepemimpinannya, diantaranya penurunan jumlah penduduk miskin dari 29,55 persen (21,37 ribu jiwa) pada tahun 2020 menjadi 28,78 persen (21,23 ribu jiwa) di 2023.

Peningkatan jumlah angkatan kerja dari 36.482 jiwa tahun 2020 menjadi 41.552 jiwa pada 2023. Penurunan tingkat pengangguran terbuka dari 3,60 persen tahun 2020 menjadi 2,43 persen pada 2023.

Pemerintah MBD juga memberikan insentif dan asuransi BPJS Ketenagakerjaan kepada para kepala soa, siniri, tukang tipar, nelayan, serta berbagai program pembangunan infrastruktur dasar seperti jalan, air bersih, fasilitas kesehatan, dan pendidikan.

Bantuan pemberdayaan rakyat juga dilakukan dengan memekarkan 14 dusun menjadi desa persiapan, dengan harapan agar desa-desa ini dapat mengelola alokasi dana desa secara otonom.

“Kesejahteraan dapat ditingkatkan dengan mengurangi jumlah penduduk miskin. Mari kita satukan tekad bersama-sama membangun Maluku Barat Daya yang lebih maju dan diperhitungkan oleh daerah-daerah lain di Maluku dan Indonesia,” ajaknya. (ANO)

Ikuti berita sentraltimur.com di Google News

  • Bagikan