banner 728x250

Pemkab MBD Luncurkan Aplikasi i-DOKU, Ini Manfaatnya

  • Bagikan
LUNCURKAN APLIKASI
banner 468x60

TIAKUR, SENTRALTIMUR.COM – Pemerintah Kabupaten Maluku Barat Daya meluncurkan aplikasi Informasi Dokumen Keuangan (i-DOKU).

Aplikasi ini bagian dari inovasi dalam bidang pengelolaan keuangan daerah yang dapat memberikan informasi keuangan daerah untuk meningkatkan efektifitas, efisiensi dan transparansi dalam rangka pengelolaan keuangan daerah yang lebih baik.

Wakil Bupati MBD Agustinus Kilikily meluncurkan aplikasi i-DOKU berbasis android di ruang rapat Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) MBD, Selasa (20/8/2024).

Bersamaan dengan peluncuran, digelar Sosialisasi Petunjuk Teknis Sinkronisasi Program, Kegiatan, Sub Kegiatan dengan Belanja

Dia mengatakan kegiatan ini merupakan inovasi aksi perubahan yang digagas oleh saudara Djufyan Paulus peserta Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) Angkatan XI.

“Saya mengimbau agar aplikasi i-DOKU ini kiranya tidak berhenti sebagai media informasi saja, tetapi juga dapat dikembangkan berkelanjutan dan dijadikan sebagai salah satu media untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih,” kata Kilikily.

Perubahan zaman, kemajuan teknologi berkembang secara pesat tidak terelakkan bagi pemerintah daerah untuk menyesuaikan diri pada berbagai bidang, termasuk dalam bidang pengelolaan keuangan daerah.

Untuk mengatasi tantangan-tantangan tersebut, pemerintah daerah perlu meningkatkan kualitas pengelolaan keuangan daerah. Hal ini dapat dilakukan melalui berbagai cara, seperti penguatan regulasi di daerah, peningkatan kapasitas sumber daya manusia, penerapan teknologi informasi serta penguatan pengawasan keuangan daerah.

Salah satunya melalui pelaksanaan PKA, di mana setiap peserta tidak hanya meningkatkan kapasitas diri, tetapi juga menjadi ajang untuk melahirkan inovasi-inovasi baru pada bidang tugas masing-masing. Hal ini juga sejalan dengan visi-misi bupati dan wakil bupati yaitu Satu OPD Satu Inovasi.

Kepala BKAD sekaligus mentor yang diwakili Sekretaris BKAD MBD Damaris Tana Labiran, mengatakan penganggaran merupakan jantung dari pengelolaan keuangan.

“Kalau jantung tidak sehat maka semua tidak akan sehat. Karena perencanaan penganggaran adalah awal dari pelaksanaan APBD,” jelasnya.

Aplikasi i-DOKU berbasis android merupakan inovasi untuk memperbaiki perencanaan sehingga menjadi pedoman sinkronisasi terhadap penganggaran.

Inovasi ini juga bukan hanya sekadar aksi perubahan tetapi akan dipakai dalam perencanaan pada setiap tahun. Sehingga pengelolaan keuangan semakin berkualitas, transparan dan akuntabel guna mempertahankan Opini Wajar Tanpa Pengecualian. (ANO)

Ikuti berita sentraltimur.com di Google News

  • Bagikan