banner 728x250

Pilgub Maluku: JAR-AMK Nomor Urut 1, MI-MW 2, HL-AV 3

  • Bagikan
PILGUB MALUKU
Paslon Jeffry Apoly Rahawarin-Abdul Mukti Keliobas mendapatkan nomor urut 1, Murad Ismail-Michael Wattimena nomor 2 dan Hendrik Lewerissa-Abdullah Vanath nomor 3. Pengundian nomor urut paslon gubernur dan wakil gubernur Maluku di kantor KPU Maluku, kawasan Tantui, Ambon, Senin (23/9/2024). (ISTIMEWA)
banner 468x60

AMBON, SENTRALTIMUR.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku menggelar pengundian nomor urut bagi pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Maluku.

Pengundian nomor urut tiga paslon itu dilakukan dalam rapat pleno terbuka dipimpin Ketua KPU Maluku M. Shaddek Fuad di kantor KPU Maluku, Senin (23/9/2024).

Pantauan di kantor KPU Maluku, pasangan Hendrik Lewerissa-Abdullah Vanath mendatangi kantor lebih awal sekira pukul 13.40 WIT. HL-AV datang didampingi pendukung, tim pemenangan dan pimpinan partai politik pengusung.

Berselang 10 menit giliran pasangan Jeffry Apoly Rahawarin-Abdul Mukti Keliobas dan pendukungnya tiba di kantor KPU. Selanjutnya pasangan Murad Ismail-Michael Wattimena dan pendukungnya mendatangi kantor KPU.

Saat tiba, ketiga paslon bersama tim kampanye dan pimpinan parpol menuju aula kantor KPU Maluku. Selanjutnya rapat pleno terbuka pengundian dan penetapan nomor urut paslon gubernur dan wakil gubernur Maluku dibuka ketua KPU Maluku sekira pukul 16.20 WIT.

Sebelum undian nomor urut diambil oleh masing-masing calon gubernur, tiga paslon mengambil nomor antrean yang telah disediakan di dalam 14 bola dalam wadah kaca.

Calon wakil gubernur Abdullah Vanath mengambil pertama nomor antrean. Dia memilih bola berwana kuning dan hasilnya mendapat nomor urut 14. Selanjutnya Abdul Mukti Keliobas yang mengambil nomor antrean kedua juga memilih bola berwarna kuning dan mendapat nomor urut 6.

Pengambil nomor antrean terakhir Michael Wattimena mengambil bola berwana oranye dan hasilnya mendapat nomor 2.

Pemegang nomor antrean terkecil menjadi pengambil pertama nomor urut paslon. Mendapat nomor antrean terkecil, Murad Ismail diberikan kesempatan pertama mengambil nomor urut Paslon.

Selanjutnya pengambil kedua Jeffry Apoly Rahawarin-Abdul dan ketiga Hendrik Lewerissa. Setelah memegang nomor undian yang telah dipilih, ketiga calon gubernur membukanya bersama-sama.

Hasilnya pasangan JAR-AMK mendapat nomor urut 1, MI-MW nomor urut 2, dan HL-AV memperoleh nomor urut 3.

Segera setelah nomor urut diperlihatkan ketiga calon gubernur, pendukungnya yang hadir di kantor KPU maupun di halaman kantor bersorak sorai dan meneriakan yel-yel kemenangan calon yang dijagokan. Pendukung paslon juga mengeluarkan foto paslon berserta nomor urut hasil undian.

Selain dihadiri pimpinan parpol dan Bawaslu Maluku, pengambilan nomor urut paslon ini ikut disaksikan Ketua Divisi Penyelenggaraan Pemilu KPU RI Idham Holik.

Tahapan Akhir Pencalonan

Menurut Idham pengundian nomor urut paslon merupakan tahapan akhir dari proses pencalonan. Pengundian nomor urut calon telah diatur dalam peraturan yang berlaku sehingga wajib dilakukan.

  • Bagikan