banner 728x250

Jaksa Periksa Kepala BP2W Maluku dan Satker Gedung MIPA

  • Bagikan
Kepala Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Maluku, Abdul Halil Kastela. (FOTO: ISTIMEWA)
banner 468x60

AMBON, SENTRALTIMUR.COM – Kepala Balai Prasarana Pemukiman Wilayah (BP2W) Maluku, Abdul Halil Kastela bersama Anwar selaku Satker diperiksa penyidik Kejaksaan Negeri Ambon.

Keduanya diperiksa sebagai saksi oleh ketua tim jaksa penyidik Ruslan Marasabessy di ruang Pidsus Kejari Ambon, Kamis (5/8/2021) mulai pukul 10.00 WIT.

Pemeriksaan seputar dugaan korupsi pembangunan gedung fakultas MIPA dan Marine Centre Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon tahun 2019-2020 yang menelan anggaran Rp 60,9 miliar.

“Keduanya sedang diperiksa. Kepala Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Maluku, Abdul Halil Kastela dan Satker atas nama Anwar. Pemeriksaan dari pukul 10.00 WIT,” kata sumber sentraltimur.com di kantor Kejari Ambon, Kamis pagi.

Keduanya, kata sumber itu merupakan dua aktor kejahatan proyek yang dikerjakan oleh PT Bumi Aceh Citra Persada dan PT Lasisco Haltim Raya. Dua perusahaan ini dipinjam oleh Hans Tanujaya alias Bi Hai.

Di dua perusahaan itu Michael Ong alias Erikson menjabat kuasa direksi. Perusahaan jasa konstruksi itu mengerjakan proyek MIPA dan Marine Centre Unpatti yang bersumber dari DIPA.

“Ini mafia. (keduanya) sementara masih menjalani pemeriksaan,” ujarnya.

Kepala Kejaksaan Negeri Ambon, Dian First Nalle mengatakan dua pejabat di BP2W Maluku itu masih menjalani pemeriksaan sebagai saksi.

“Ya benar sedang diperiksa,” akui Kajari.

Soal peran keduanya dalam proyek di pendidikan di kampus Unpatti itu Dian masih enggan berkomentar.

“Nanti ya, selesai pemeriksaan baru saya jelaskan ya,” kata Dian menjawab pertanyaan wartawan.

Penyidik telah menemukan bukti awal dugaan penyimpangan pembangunan proyek tersebut mulai dari proses lelang hingga pelaksanaan pekerjaan yang berpotensi merugikan negara.

Untuk memastikan nilai kerugian negara, penyidik melibatkan saksi ahli dalam proses penyidikan. Sejauh ini penyidik telah memeriksa 11 orang, di antaranya pihak BP2W, BP2JK Maluku dan Unpatti.

Periksa Rekanan

Tim jaksa penyidik Kejari Ambon maraton memeriksa saksi-saksi kasus dugaan korupsi pembangunan gedung fakultas MIPA Universitas Pattimura.

Pasca kasus ditingkatkan ke penyidikan pekan kemarin, korps Adhyaksa intens memeriksa sejumlah saksi. Salah satu saksi yang diperiksa adalah Michael Ong, pihak PT. Bumi Aceh Citra Persada selaku rekanan.

Penulis: DONIEditor: YANTO
  • Bagikan