banner 728x250

Pembukaan Festival Hatta-Sjahrir, Gubernur Ungkap 3 Keistimewaan Pulau Banda

  • Bagikan
Gubernur Maluku Murad Ismail menghadiri pembukaan Festival Hatta–Sjahrir secara virtual, Kamis (12/8/2021). (FOTO: HUMAS PEMPROV MALUKU)
banner 468x60

AMBON, SENTRALTIMUR.COM – Gubernur Maluku Murad Ismail mengungkap tiga keistimewaan Pulau Banda, Kabupaten Maluku Tengah pada pembukaan Festival Hatta–Sjahrir, Kamis (12/8/2021).

Murad menyampaikan Pulau Banda dianugerahi keindahan bahari dan kekayaan alam berupa rempah-rempah yang bernilai ekonomi tinggi.

“Selain itu, laut Banda juga memiliki hasil perikanan dan kelautan yang luar biasa, serta merupakan salah satu lokasi penangkapan ikan nasional,” kata Murad menyampaikan sambutannya secara virtual dari kediamannya di Ambon.

Kesitimewaan lainnya lanjut Murad, Pulau Banda menjadi bagian dari sejarah dunia, yaitu ekspedisi bangsa Eropa untuk melakukan misi dagang dan penjelajah dunia baru.

“Ketiga, dalam sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia, kepulauan Banda di jadikan sebagai lokasi pengasingan para founding father di masa kemerdekaan, di antaranya, Muhammad Hatta, Sutan Sjahrir, dr. Cipto Kusumo, Iwa Kusuma Sumantri, dll,” sebut mantan Dankor Brimob Polri.  

Menurutnya, dengan keistimewaan Pulau Banda dan warisan sejarah kedua tokoh sentral pergerakan kemerdekaan tersebut, sebagai bentuk penghormatan dan apresiasi, Pemprov Maluku dan Sumatera Barat menginisiasi Festival Hatta – Sjahrir tahun 2021 di Banda Naira, yang tidak lain merupakan rumah kedua bagi para tokoh tersebut.

“Dalam festival ini akan ada pegelaran seni dan budaya. Kami membawakan tim kesenian dari Provinsi Sumatera Barat sebagai respresentatif asal dan budaya kedua tokoh ini. Juga seminar yang melibatkan pembicara dengan latar belakang status profesi keilmuan yang berbeda-beda,” ujarnya.

Semua itu menggambarkan bahwa Maluku adalah masyarakat yang terbiasa dengan sikap toleransi tinggi terhadap perbedaan agama, status sosial, sentra budaya dalam semangat bhineka tunggal Ika dan NKRI.

Dia berharap, festival tersebut dapat menghasilkan semangat kebersamaan dan solidaritas secara harmonis untuk membangun Indonesia yang lebih baik di masa yang akan datang.

  • Bagikan