banner 728x250

Polda Maluku Luncurkan Program Transformasi Layanan Berbasis Digital

  • Bagikan
Wakapolda Maluku Brigjen Pol. Jan de Fretes meluncurkan Program transformasi layanan Polda Maluku berbasis digital, Jumat (13/8/2021). (FOTO: HUMAS POLDA MALUKU)
banner 468x60

AMBON, SENTRALTIMUR.COM – Kepolisian Daerah Maluku meluncurkan program transformasi layanan berbasis digital. Di antaranya Website resmi Polda Maluku dan aplikasi pelayanan Salawaku Emarima.

Program transformasi layanan Polda Maluku berbasis digital diluncurkan oleh Wakapolda Maluku Brigjen Pol. Jan de Fretes, Jumat (13/8/2021).

Peluncuran website maluku.polri.go.id dan aplikasi Salawaku Emarima yang menggandeng Yayasan Heka Leka ini berlangsung di Ruang Rapat Utama Mapolda Maluku, Kota Ambon.

Website maluku.polri.go.id menyajikan informasi terpercaya, pelbagai kegiatan Polda Maluku dan jajaran Polres.

Sedangkan aplikasi Salawaku Emarima menyajikan pelayanan pembuatan surat keterangan catatan kepolisian (SKCK) Online, Izin keramaian, dan call center 110.

Call center 110, masyarakat dapat menyampaikan berbagai informasi yang terjadi di daerah masing-masing, seperti gangguan kamtibmas, dan berbagai gangguan kejahatan lainnya.

“Selaku pimpinan Polda Maluku saya mengucapkan terima kasih kepada Yayasan Heka Leka serta panitia program transformasi layanan polda maluku berbasis digital yang bekerja keras dan gigih sehingga dengan waktu yang singkat semua proses launching hari ini dapat diselesaikan tepat waktu,” kata Kapolda Maluku Irjen Pol. Refdi Andri dalam sambutan tertulis dibacakan Wakapolda.

Dikatakan, Kepolisian Negara Republik Indonesia adalah alat negara yang berperan dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, penegakan hukum, memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat. Peran Polri dalam rangka terpeliharanya keamanan dalam negeri.

Untuk menunjang pelaksanaan tugas dan tanggung jawab tersebut, diperlukan kepercayaan masyarakat yang dapat dibangun melalui kegiatan pembentukan opini positif publik/sentimen terhadap kinerja polri umumnya dan Polda Maluku khususnya.

Peluncuran ini juga demi menindaklanjuti program prioritas Kapolri, yaitu Produktif, Responsibilitas, Transparansi (Presisi) berkeadilan dengan tujuan menata kelembagaan, perubahan sistim dan metode organisasi.

Selain itu juga untuk menjadikan sumber daya manusia Polri yang unggul di era modern saat ini, khususnya program 13 tentang pemantapan komunikasi publik, peningkatan integrasi teknologi dan komunikasi dengan media untuk akses layanan informasi, pengaduan dan partisipasi masyarakat.

“Di era digital, layanan online seperti website dan aplikasi online merupakan salah satu media yang paling sering diakses dan digunakan untuk mencari berbagai informasi sebagai sarana komunikasi informasi dan layanan masyarakat, seperti google, facebook, bukalapak, tokopedia dan lain-lain,” katanya.

Keberadaan website Polda dan aplikasi Online Salawaku Emarina, dia berharap dapat memudahkan masyarakat mengakses semua informasi dan layanan Polri khususnya di wilayah hukum Polda Maluku dan jajaran.

  • Bagikan