banner 728x250

Detik-detik 5 ABK Lolos dari Maut saat KM Hentri Terbakar, Ini Penuturannya

  • Bagikan
Detik-detik
ABK KM Hentri yang berhasil selamat. Dua ABK meninggal dunia dan 25 ABK masih dinyatakan hilang akibat kebakaran kapal di perairan Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Maluku. (FOTO: ISTIMEWA)
banner 468x60

AMBON, SENTRALTIMUR.COM – Detik-detik KM Hentri terbakar di perairan Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Maluku terekam video amatir warga. Akibat insiden itu, dua ABK tewas, lima anak buah kapal (ABK) selamat dan 25 ABK lainnya masih dinyatakan hilang.

KMĀ Hentri berlayar dari Pelabuhan Muara Angke Jakarta pada 15 Agustus 2021 hendak menuju Merauke, Papua. Melintas di perairan Kepulauan Tanimbar sekitar 50 mil laut antara perairan Kepulauan Maluku Tenggara dengan Kepulauan Tanimbar, gelombang setinggi tiga meter menerjang kapal tersebut.

BACA JUGA:

Menteri KKP Tinjau Pengolahan Ikan Tuna di Ambon – sentraltimur.com

PT Waskita Karya Raih Kontrak Rp460 Miliar, Tangani Banjir Rob – kliktimes.com

Detik-detik kapal terbakar, seluruh ABK yang berjumlah 32 orang menyelamatkan diri melompat ke laut. Tapi naas, beberapa di antaranya terjebak di dalam kapal saat api membakar kapal tersebut.

Tim SAR yang baru mendapatkan laporan kebakaran kapal, Rabu (8/9/2021) dan melakukan operasi pencarian. Tim SAR gabungan menghentikan sementara pencarian korban akibat cuaca buruk, Kamis (9/9/2021).

Pada 6 September 2021 sekitar pukul 13.00 WIT, lima orang ABK KM Hentri berhasil ditemukan selamat oleh kapal motor pencari telur ikan yang berasal dari Pulau Tanimbar.

Mereka hanyut terbawa arus sekitar 20 mil dari Pulau Molu. Mereka dievakuasi ke Desa Mun, Pulau Tanimbar untuk perawatan medis.

Salah satu korban selamat, menuturkan detik-detik KM Hentri terbakar. Ia bilang 30 ABK yang melompat ke laut dan berenang menjauhi kapal yang terbakar. Namun karena tinggi gelombang mereka terpisah dan hilang.

ABK Melompat Jauhi Kapal Terbakar

Data cuaca saat ini berupa hujan ringan dengan kecepatan angin 8-25 knots dari arah timur menuju tenggara, dan ketinggian gelomban berkisar antara 2,5 meter hingga 4,0 meter.


  • Bagikan