banner 728x250

Peringati Sumpah Pemuda, Taman Baca Keta SBT Bersihkan Pantai dan Tanam Mangrove

  • Bagikan
Sumpah Pemuda
Warga dan anak-anak memungut sampah di desa Desa Keta, Kecamatan Siratun Wida Timur, Kabupaten Seram Bagian Timur, Kamis (28/10/2021). (FOTO: ISTIMEWA)
banner 468x60

AMBON, SENTRALTIMUR.COM – Aksi bersih pantai dan penanaman mangrove mewarnai peringatan Sumpah Pemuda di Desa Keta, Kecamatan Siratun Wida Timur, Kabupaten Seram Bagian Timur, Kamis (28/10/2021).

Kegiatan yang diinisiasi komunitas Taman Baca Keta ini melibatkan sebagian besar warga desa mulai dari anak-anak, remaja, mahasiswa, hingga orangtua di desa tersebut. Babinsa dan Bhabinkantibmas juga mengikuti aksi tersebut.

Komunitas Taman Baca Keta bersama warga memungut sampah dan menanam anakan mangrove di sepanjang pesisir pantai desa tersebut.

BACA JUGA:

10 Anggota Brimob Polda Maluku Dipecat, 2 Diantaranya Terlibat Asusila – sentraltimur.com

Garuda Indonesia Siap Luncurkan Promo Tes COVID-19 – kliktimes.com

Faris Rumain, pengurus Taman Baca Keta mengatakan aksi peduli lingkungan yang itu mendapat dukungan penuh dari warga desa.

Sebelum aksi bersih pantai dan penanaman mangrove, komunitas Taman Baca Keta lebih dulu menggelar diskusi sumpah pemuda di desanya. “Kita gelar diskusi dulu di ruangan setelah itu bersih pantai dan penanaman mangrove. Semua warga ikut dalam kegiatan ini, mereka sangat mendukung sekali,” kata Faris kepada sentraltimur.com via telepon seluler.

Menurut Faris bersama warga desa lebih memilih membersihkan lingkungan dan menanam mangrove tepat Hari Sumpah Pemuda karena mereka ingin pantai di desa itu tetap bersih dari sampah.

Lindungi Desa Dari Ancaman Gelombang Tinggi

Aksi peduli lingkungan itu juga untuk mencegah bencana gelombang pasang yang selalu terjadi setiap tahun di desa Keta. Dengan menanam mengrov, dia berharap desa bisa terlindungi dari ancaman gelombang tinggi. “Penanamana mangrove itu tujuannya untuk menjadi penahan ombak karena setiap musim timur banyak rumah warga di pesisir pantai menjadi sasaran ombak. Selain itu juga bisa menjadi tempat bagi ikan-ikan bermain,” katanya.

  • Bagikan