banner 728x250

Hoaks Feri akan Tenggelam, Ratusan Penumpang KMP Terubuk Panik

  • Bagikan
Terubuk
Penumpang KMP Terubuk yang panik akibat informasi hoaks berebut menggunakan pelampung, Selasa (28/12/2021). (FOTO: ISTIMEWA)
banner 468x60

AMBON, SENTRALTIMUR.COM – Kegaduhan terjadi di atas Kapal Motor Penumpang (KMP) Terubuk, Selasa (28/12/2021).

Kegaduhan terjadi saat seorang kondektur bus menyampaikan informasi hoaks kepada ratusan penumpang bahwa air telah masuk ke dalam feri dan kapal itu akan tenggelam.

Kondektur bus yang tidak diketahui identitasnya itu ikut berlayar dengan KMP Terubuk. Dia menyebar informasi bohong saat kapal dalam perjalanan dari dermaga Hunimua, kecamatan Salahutu, kabupaten Maluku Tengah menuju dermaga Waipirit di Kabupaten Seram Bagian Barat.

Akibat informasi itu, ratusan penumpang panik dan berebut baju pelampung di atas kapal dan segera menggunakannya.

Salah seorang penumpang, Salim Attamimy mengaku para penumpang di lantai dua kapal mulai panik setelah mereka mendengar informasi kapal itu akan tenggelam dari seorang kondektur bus.

“Kita semua kaget karena memang cuaca buruk. Tiba-tiba ada yang yang datang dari bawah menyampaikan air sudah masuk ke dalam feri,” kata Salim kepada sentraltimur.com melalui telepon seluler, Selasa sore.

Penumpang Kapal Panik

Akibat informasi hoaks kegaduhan terjadi di kapal itu. Penumpang ketakutan dan panik khawatir kapal akan tenggelam.  Seluruh penumpang kapal berebutan mengambil pelampung dan memakainya.

“Siapa yang tidak panik kalau kondisi seperti itu. Kita langsung ambil baju pelampung dan pakai,” kata Salim.

Manajer Operasional PT ASDP Cabang Ambon Syamsudin Tanassy membenarkan kejadian di KMP Terubuk.

  • Bagikan