banner 728x250

Buaya Kerap Teror Warga Seith Ditangkap, Masih ada yang Berkeliaran

  • Bagikan
Warga Seith, Kecamatan Leihitu Kabupaten Maluku Tengah menangkap seekor buaya, Selasa (23/4/2023). (ISTIMEWA)
banner 468x60

AMBON, SENTRALTIMUR.COM – Warga Seith, Kecamatan Leihitu Kabupaten Maluku Tengah menangkap seekor buaya, Selasa (23/4/2023) dini hari.

Buaya sepanjang 3 meter itu ditangkap nelayan dengan jaring saat hewan reptil itu berada di pesisir pantai tepatnya di Tanjung Ow.

Kepala Desa (Raja) Seith Rivi Ramli Nukuhehe mengatakan buaya tersebut ditangkap sejumlah warga saat hewan buas itu berada dekat pesisir pantai. “Ditangkap sekitar jam 12 malam, itu ditangkap saat (buaya) sedang muncul di pesisir pantai Tanjung Ow Negeri Seith,” kata Ramli kepada sentraltimur.com via telepon, Selasa.

Buaya tersebut awalnya dilihat oleh seorang nelayan bernama La Arman saat melaut. Ia melaporkan penemuannya itu ke sejumlah warga dan mereka kemudian menangkap buaya tersebut menggunakan jaring. “Ditangkap pakai jaring, panjang buaya sekitar 3 meter,” ujarnya.

Sebelum berhasil ditangkap ada sejumlah buaya yang kerap muncul di pesisir pantai dan meneror warga. Kemunculan buaya di pesisir pantai desa Seith sangat meresahkan warga. “Itu buaya laut ada indikasi bukan hanya seekor, tapi ada warga yang lihat itu ada yang lebih besar dari yang ditangkap,” sebut Ramli.

Pemerintah Desa Seith telah berkoordinasi dengan tim perlindungan satwa liar dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Maluku. Namun tim yang datang ke Seith tidak menemukan buaya yang meneror warga.

Buaya yang ditangkap diamankan di salah satu rumah warga. Rencananya akan diserahkan ke BKSDA Maluku.

Ia mengimbau warga yang tinggal di pesisir pantai lebih waspada dan hati-hati sebab masih ada beberapa ekor buaya yang berkeliaran di pesisir pantai desa Seith. “Kepada warga Seith saya mengimbau lebih waspada dan hati-hati. Karena laporan warga masih ada buaya yang berkeliaran,” kata Ramli. (MAN)

Ikuti berita sentraltimur.com di Google News

  • Bagikan