banner 728x250

Pemuda Adalah Harapan Bangsa dan di Punggung Pemudalah Masa Depan Pembangunan Indonesia

  • Bagikan
PEMUDA MALUKU
Sofyan Tomia nelayan asal Desa Waepure, kabupaten Buru, Maluku. (FOTO: ISTIMEWA)
banner 468x60

KITA baru saja memperingati Hari sumpah pemuda ke-93 pada 28 Oktober 2021 lalu. Semangat pemuda saat ini di era digital 4.0 diharapkan mampu memberikan warna tersendiri dalam rangka partisipasi pada pembangunan bangsa salah satunya pengelolaan sektor kelautan dan perikanan.

Dengan ide, karya, gagasan serta inovasi yang dimiliki pemuda dapat memberikan sumbangsih pemikiran yang konstruktif serta berkonstribusi aktif memperjuangkan perubahan dan kemajuan dalam setiap sektor kehidupan masyarakat termasuk perikanan.

Di tengah problematika pembangunan sektor ini yang begitu kompleks dan minat para generasi muda untuk terjun langsung memanfaatkan sumberdaya perikanan secara berkelanjutan terlihat menurun dan harus menjadi perhatian banyak pihak.

Salah satu spirit pemuda bahari ditunjukan Sofyan Tomia (26 tahun) asal Desa Waepure Pulau Buru, Provinsi Maluku.

Menggunakan motor tempel 15 PK dan alat tangkap handline, Sofyan atau biasa disapa Opan ini menjadi nelayan tuna skala kecil dan telah memperoleh sertifikat dunia baik fair trade di tahun 2014 dan marine stewardship Council pada tahun 2020 lalu. 

Sekedar informasi, sebanyak 123 nelayan skala kecil penangkap ikan tuna sirip kuning (yellowfin tuna) di Pulau Buru bagian utara, Maluku.

Berhasil mendapatkan sertifikat ecolabelling Marine Stewardship Council (MSC) dan ini merupakan yang pertama di dunia untuk nelayan dengan alat tangkap pancing ulur ikan tuna sirip kuning.

  • Bagikan