banner 728x250

Taman Victoria Jadi Alternatif Tempat Relokasi PKL Mardika

  • Bagikan
Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy menerima perwakilan PKL pasar Mardika dan aktivis Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah yang menggelar demonstrasi di depan Balai Kota Ambon, Senin (7/6/2021). (FOTO: ISTIMEWA)
banner 468x60

AMBON, SENTRALTIMUR.COM – Pemerintah Kota Ambon menyiapkan tempat alternatif untuk relokasi Pedagang Kaki Lima (PKL) yang menempati pasar Mardika.

Taman Victoria yang berada di kawasan Belakang Kota yang jaraknya hanya puluhan meter dari pasar Mardika akan dijadikan tempat alternatif sementara untuk menampung ratusan PKL.

Lokasi alternatif disiapkan Pemkot Ambon karena PKL di pasar tradisional terbesar di Maluku itu menolak direlokasi ke pasar transit Passo.

Relokasi PKL menyusul rencana revitalisasi pasar Mardika yang sempat tertunda satu tahun akibat pendemi Covid-19.

Namun relokasi ke Taman Victoria harus disetujui Pemerintah Provinsi Maluku sebagai pemilik aset tersebut.

“Saya memahami betul keluhan pedagang, tetapi kita tidak memiliki lahan yang dekat agar dapat dipakai untuk relokasi, sehingga harus dicari solusi bersama,” kata Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy menerima perwakilan PKL pasar Mardika dan aktivis Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) yang menggelar demonstrasi di depan Balai Kota Ambon, Senin (7/6/2021).

Richard berharap pedagang di relokasi di Taman Victoria. Tetapi hal itu terkendala karena lahan tersebut bukan milik Pemkot Ambon, tetapi Pemprov Maluku.

“Saya berkeinginan kalau bisa kita (relokasi) memakai Taman Victoria. Kalau bisa saya akan berkoordinasi dengan Pak gubernur untuk membicarakan hal tersebut,” ujar Richard.

Taman Victoria dalam perencanaan Pemprov Maluku akan dibangun sebagai pusat perbelanjaan modern. Namun, hingga saat ini proses tersebut belum direalisasikan.

“Mudah–mudahan taman Victoria bisa dipakai sementara untuk relokasi. Saya memahami betul keluhan pedagang, yang merasa berat kalau harus relokasi ke Passo,” kata mantan ketua DPRD Maluku ini.

Dia meminta pedagang berdoa agar rencana relokasi ke Taman Victoria disetujui Gubernur Maluku Murad Ismail. “Tetapi jika tidak disetujui Pak gubernur, maka kami tidak bisa berbuat banyak, karena kewenangan sepenuhnya ada di tangan Pemprov Maluku, ” tandasnya.

Dia menambahkan, selain pasar transit Passo, beberapa lokasi lain yang disiapkan Pemkot Ambon sebagai tempat relokasi yakni pasar Apung, dan depan Maluku City Mall (MCM). Selain itu, dibuka kesempatan untuk relokasi di kawasan Warasia, Batumerah.

  • Bagikan