banner 728x250

Dibayarkan Mulai H-10 Lebaran, Kapan Pemprov Maluku Cairkan THR ASN? Begini Kata Sekda

Penjabat Sekda Maluku Sadali Ie. (FOTO: ISTIMEWA)
banner 468x60

AMBON, SENTRALTIMUR.COM – ASN bakal menerima pembayaran Tunjangan Hari Raya atau THR Idul Fitri tahun 2022. Pembayaran THR PNS mulai H-10 atau 10 hari sebelum perayaan Lebaran.

Lalu kapan ASN di lingkup Pemerintah Provinsi Maluku menerima THR? Pemprov Maluku memastikan akan segera membayar THR bagi ribuan ASN sebelum Idul Fitri 1443 Hijriyah.

Penjabat Sekda Maluku Sadali Ie mengatakan pembayaran THR kepada para ASN di wilayah itu hanya tinggal menunggu Peraturan Gubernur (Pergub) Maluku.

“Dibayar sebelum hari raya, dalam waktu secepatnya. Draft (Pergub) sudah siap, tinggal tandatangani,” kata Sadali di Lapangan Merdeka, Ambon, Rabu (20/4/2022).

BACA JUGA:

Krisis Listrik & Akses Jalan, Mahasiswa Batabual Datangi DPRD Maluku – sentraltimur.com

Pemerintah Naikkan HET Minyak Goreng, Anggota DPR RI Mulyanto Sebut Kebijakan Amatiran – kliktimes.com

Sesuai ketentuan pembayaran THR untuk para ASN paling lambat hingga 22 April pekan ini. Sedangkan untuk pegawai swasta selambatnya pada 25 April 2022.

Sejauh ini sejumlah pemerintah daerah di Indonesia telah membayarkan THR kepada para ASN-nya.

Sadli mengungkapkan surat edaran dari Kementerian Dalam Negeri mengenai pembayaran THR bagi ASN baru diterima sehingga Pemprov Maluku akan segera menindaklanjutinya. 

“Kemarin baru ada surat edaran Mendagri, itu yang kita breakdown. Secepatnya terbitkan (Pergub) sehingga pebayaran THR segera lakukan,” ujarnya.

Dia mengatakan pembayaran THR kepada ASN sebelum hari raya Idul Fitri sebagaimana ketentuan yang berlaku. Sehingga para ASN dapat memanfaatkan THR tersebut untuk kepentingan keluarga di hari lebaran.

“Dibayar dimuka (sebelum) lebaran sehingga dapat manfaatkan oleh ASN,” kata Sadali yang juga kepala Dinas Kehutanan Provinsi Maluku ini.

Dia mengatakan pembayaran THR kepada para ASN sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 16 Tahun 2022.

Dalam aturan tersebut ASN yang sedang kredit tetap menerima THR secara penuh tanpa pemotongan. “(Komponen THR) satu kali gaji. Ada tunjangan istri, tunjangan anak, tidak dipotong. Keistemwaan THR kalaupun ASN ada kredit, tidak dipotong. Sesuai peraturan kita bayar,” ujar Sadali.

Ini Kata Menkeu

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memastikan pembayaran THR PNS mulai H-10 Idul Fitri. PNS, TNI, Polri, pensiunan, dan pejabat negara mendapatkan THR 2022.