banner 728x250

Kodam Pattimura Serahkan Sembako untuk Korban Gempa di Malteng

  • Bagikan
Prajurit TNI AD menurunkan paket sembako dari truk untuk dibagikan kepada warga terdampak gempa di Kabupaten Maluku Tengah, Selasa (22/6/2021). (FOTO: PENDAM XVI/PATTIMURA)
banner 468x60

AMBON, SENTRALTIMUR.COM – Kodam XVI/Pattimura menyerahkan ratusan paket bantuan sembako kepada warga terdampak gempa magnitudo 6,1 pada 16 Juni 2021 di Kabupaten Maluku Tengah (Malteng).

Ratusan paket bantuan diserahkan Pabandya Bakti TNI Sterdam XVI/Pattimura Mayor Inf Rudi Hanif Fanul Fatah kepada Korem 151/Binaiya sekitar pukul 16.30 WIT untuk selanjutnya disalurkan kepada warga terdampak gempa.

Kepala Dinas Penerangan Kodam XVI/Pattimura Letkol Arh Adi Prayogo mengatakan bantuan tersebut merupakan wujud kepedulian Kodam Pattimura kepada masyarakat Maluku, khususnya mereka yang terdampak gempa bumi.

Paket sembako dari Kodam Pattimura, kata dia, sudah diserahkan kepada Korem Binaiya Selasa (22/6/2021) selanjutnya akan diserahkan ke Kodim 1502/Masohi untuk didistribusikan bagi warga yang membutuhkan.

Kendati tidak seberapa, Adi berharap bantuan paket sembako bisa sedikit membantu meringankan beban para korban dampak gempa yang masih bertahan di lokasi pengungsian, terutama mereka yang rumahnya rusak.

“Gempa membuat banyak bangunan rusak. Bantuan ini diberikan untuk membantu meringankan kesulitan masyarakat yang terdampak gempa. Jangan dilihat jumlahnya, namun ketulusannya,” kata Adi.

Pascagempa magnitudo 6,1, personel Kodim 1502/Masohi bersama Polres dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Malteng membentuk tim terpadu penanganan dampak gempa.
Tim Terpadu mulai bergerak mendata korban dampak gempa dan mendirikan tenda untuk pengungsi di Desa Haya, Tehoru, Saunulu, dan Yaputih, Kecamatan Tehoru, beberapa jam setelah terjadi gempa.

Selain itu, mereka mendistribusikan paket-paket bantuan kepada pengungsi, termasuk melakukan pendampingan kepada anak-anak agar tidak tertekan dan stres selama berada di lokasi pengungsian.

Keterlibatan TNI ini dalam upaya tanggap darurat penanganan dampak gempa bumi disambut baik warga Kecamatan Tehoru yang mengungsi. (ANT/RED)

  • Bagikan