banner 728x250

Pemkot Ambon Gelar Peningkatan Kapasitas Pengelola Arsip

  • Bagikan
PENINGKATAN KAPASITAS
banner 468x60

AMBON, SENTRALTIMUR.COM – Pemerintah Kota Ambon melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan menggelar peningkatan kapasitas pengelolaan arsip di hotel Manise, Rabu (26/04/2023).

Sekretaris Kota Ambon Agus Ririmasse mengatakan, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi merupakan keniscayaan bagi yang hidup di abad 21. “Terlebih bagi yang mengabdikan diri pada sektor pelayanan publik ada tekanan untuk
adaptasi mengikuti perubahan teknologi yang serba cepat berbasis Internet of Things,” kata Agus dalam sambutannya.

Perkembangan ini memberikan peluang bagi peningkatan kualitas pelayanan pemerintah kepada masyarakat dan pihak swasta melalui peningkatan transparansi, kontrol, dan akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan.

“Melalui sebuah sistem pemerintahan berbasis elektronik dengan sebutan e-government, respon pelayanan publik seharusnya menjadi lebih cepat. Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) atau yang lebih dikenal e-government adalah penyelenggaraan pemerintahan yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk memberikan layanan kepada Pengguna SPBE,” jelasnya.

Hal tersebut tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik. SPBE bertujuan mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik serta peningkatan kualitas pelayanan publik dan peningkatan partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan pembangunan. “Digitalisasi terintegrasi semua aspek, tata kelola birokrasi (manajemen internal pemerintah) menjadi keharusan. Ketika tata kelola birokrasi terdigitalisasi secara penuh, semua akan berjalan transparan,” ujar Agus.

Data juga akan bisa dibagikan antar instansi, sehingga ada interoperabilitas (di mana suatu aplikasi biasa berinteraksi dengan aplikasi lainnya melalui suatu protokol yang disetujui bersama lewat bermacam-macam jalur komunikasi, biasanya lewat network TCP/IP), kerja birokrasi semakin cepat dan efisien.

Selain itu, antar instansi bisa melihat segala proses yang sedang berjalan di birokrasi. Ini memudahkan kontrol dan monitoring bila terjadi otomatis akan membuat perlambatan yang pemerintah semakin lincah dalam melayani publik.

Penyelenggaraan Pemerintahan

Sejalan dengan SPBE, dia berharap ke depan kota Ambon dalam layanannya akan menjadi kabupaten/kota dalam melaksanakan yang terkemuka telah sistem korespondensi, sistem pemerintahannya dari 11 kabupaten/kota lain di Maluku yang berada pada wilayah 1 C Indonesia bagian Timur.

Saat ini melalui OPD terkait (Diskominfo), Bappeda Litbang, Kearsipan Dinas Perpustakaan
melakukan persiapan-persiapan untuk launching pemerintahan berbasis pelaksanaan elektronik lewat aplikasi SRIKANDI. “Saya mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan saat ini semoga melalui para narasumber, kita dapat memberikan yang terbaik bagi para ASN dalam melaksanakan tugas sebagai admin pengelola Arsip (SRIKANDI) pada OPD masing-masing,” harap Agus.

  • Bagikan