banner 728x250

Kunjungi MBD, Menhan Prabowo Resmikan Sumur Bor

  • Bagikan
PRABOWO SUMUR
banner 468x60

TIAKUR, SENTRALTIMUR.COM – Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto meresmikan 10 titik sumur bor di dusun Upinyor, desa Werwaru, Pulau Moa, kabupaten Maluku Barat Daya.

Kunjungan kerja di MBD, Prabowo didampingi Gubernur Maluku Murad Ismail, Pangdam XVI Pattimura Mayjen TNI Syafrial, Wakapolda Maluku Stephen M. Napiun, Komandan Lantamal IX Ambon Brigjen TNI Mar. Said Latuconsina, Kepala BIN Daerah Maluku Brigjen TNI Anton Irianto Popang, dan Komandan Lanud Pattimura Kolonel Pnb. Tiopan Hutapea.

Tiba di Bandara Yos Imsula Orno, Prabowo dan rombongan menuju dusun Upinyor, desa Werwaru meresmikan 10 titik sumur bor, Senin (4/9/2023). Sumur bor merupakan bantuan Kementerian Pertahanan dan kerjasama dengan Universitas Pertahanan (Unhan). 

Bupati MBD Benyamin Thomas Noach menyampaikan terima kasih kepada Menhan Prabowo atas kunjungannnya ke MBD. Kurang lebih setahun lalu, Presiden RI Joko Widodo dan Prabowo hadir dan mendengar keluhan dari peternak kerbau. 

“Hari ini kurang lebih setahun, Pak Presiden dan Pak Prabowo hadir di MBD, dan hari ini juga datang meresmikan apa yang dijanjikan. Pemerintah daerah tak sanggup berkata-kata, hanya ada ucapan terima kasih sudah membantu kami. Ternak kami mudah-mudahan di tahun-tahun depan tidak lagi mati dan rakyat kami bisa hidup dengan penghasilan yang baik. Air ini bukan hanya dipakai untuk ternak, mudah-mudahan pertanian kami bisa berjalan baik. Terima kasih juga kami sampai akan kepada tiga dokter hewan Unhan yang sudah banyak membantu kami di sini,” ujar bupati mengutip laman malukubaratdayakab.go.id.

Bupati berharap kehadiran Prabowo dan kehadiran Presiden, Mendagri serta Menkopolhunkam beberapa waktu lalu dapat membawa perubahan bagi MBD melalui intervensi program yang dibiayai dari APBN. Kesulitan transportasi, infrastruktur dasar, air, pendidikan, kesehatan dapat diatasi bersama sehingga MBD minimal sejajar dengan kabupaten lain di Provinsi Maluku. 

Menhan Prabowo menjelaskan kedatangannya ke MBD sebagai bukti pelaksanaan arahan Presiden RI pada kunjungan tahun lalu untuk membantu penyediaan sumber air bersih baik untuk masyarakat maupun ternak. 

“Tepat satu tahun yang lalu saya mendampingi bapak Presiden datang ke sini dan kami mendengar langsung dari kepala desa/dusun di Pulau Moa, bagaimana peternak dan masyarakat sangat membutuhkan air. Biasanya ribuan ternak mati karena kekurangan air,” ujarnya.

Dia menggandeng Fakultas Teknik Unhan yang miliki ahli di bidang air untuk melakukan observasi dan pembangunan sumur bor serta pipanisasi di Pulau Moa, MBD. 

“Karena itu saya langsung memberi perintah untuk segera membentuk satuan tugas air segera berangkat ke Pulau Moa, segera mengatasi. Saya berharap masyarakat di Pulau Moa berterima kasih buat pahlawan-pahlawan yang tidak nampak, yang sudah 6 bulan berada di sini. Saya hanya meneruskan petunjuk Presiden. Ini kewajiban kita, kewajiban pemerintah kewajiban pejabat untuk membantu rakyat yang sedang sulit,” kata Prabowo.

  • Bagikan