banner 728x250

Bawaslu-Polda Maluku Tingkatkan Sinergitas Kawal Pilkada 2024

  • Bagikan
SINERGITAS PILKADA
Menjelang Pilkada 2024, Polda Maluku menggelar Latihan Pra Operasi Mantap Praja Siwalima 2024. (ISTIMEWA)
banner 468x60

AMBON, SENTRALTIMUR.COM – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Polda Maluku membangun sinergitas dalam mengawal pengamanan terutama penindakan pelanggaran pada Pilkada Serentak 2024.

“Kolaborasi dan sinergitas Bawaslu, Polri serta stakeholder harus tetap terjaga dan dapat bekerjasama secara optimal untuk suksesnya Pilkada 2024,” kata Astuti Usman, Koordinator Divisi Penindakan Data dan Informasi Bawaslu Maluku, Senin (12/8/2024).

Astuti menyampaikan materi pada acara Latihan Pra Operasi Mantap Praja Siwalima 2024 di Polda Maluku yang digelar 12-14 Agustus.

Dia mengharapkan terciptanya kolaborasi yang baik dalam mengawal seluruh tahapan pelaksanaan Pilkada tahun 2024 di Maluku. “Selain tugas pokok utama dari kepolisian yakni menjaga stabilitas keamanan, diharapkan adanya pemahaman yang sama dalam mengawasi dan mengawal tahapan Pilkada,” ujarnya.

Terdapat isu krusial dalam tiga tahapan yakni tahapan kampanye, distribusi ligistik. Berikut tahapan masa tenang dan tahapan pemungutan dan penghitungan suara. “Ini harus menjadi perhatian kita bersama agar semua tahapan Pilkada berjalan lancar,” ujar Astuti.

Dia mengajak semua pihak terlibat bersama Bawaslu dalam pengawasan Pilkada, 27 November mendatang. Pelbagai upaya pencegahan dilakukan Bawaslu yang tujuannya memastikan persiapan dan pelaksanaan tahapan Pilkada sesuai ketentuan peraturan yang berlaku.

Bawaslu mengingatkan seluruh stakeholder tentang aturan dan sanksi terhadap pelanggaran Pilkada. “Dalam pelaksanaan tugas, kami mengharapkan partisipasi berbagai pihak serta publikasi media dalam pengawasan Pilkada,” ceplos dia.

Bawaslu Maluku dan Bawaslu kabupaten/kota siap bekerja sama dengan semua pihak untuk memastikan Pilkada Serentak berjalan jujur, adil, dan bebas dari pelanggaran.

Astuti mengajak seluruh elemen masyarakat dan stakeholder apabila ditemukan pelanggaran Pilkada agar melaporkan ke Bawaslu untuk ditindalanjuti.

Dia berharap Pilkada 2024 berlangsung aman, damai dan sehat serta melahirkan kepala daerah yang berkualitas dan bermartabat. (ANO)

Ikuti berita sentraltimur.com di Google News

  • Bagikan