banner 728x250

Bersama Murad di Pilgub Maluku 2018, Kini Sam Beralih Dukung HL-AV: Menanti Kejutan

  • Bagikan
BERSAMA MURAD
Sam Latuconsina bersama pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur Maluku, Hendrik Lewerissa-Abdullah Vanath. (ISTIMEWA)
banner 468x60

AMBON, SENTRALTIMUR.COM – Nama Muhamad Armyn Syarif Latuconsina mencuat menjelang Pilkada Maluku 2024.

Meski bukan sebagai kontestan, kemunculan sosok yang disapa Sam di pentas Pilgub Maluku menjadi magnet yang membetot perhatian publik. Rekam jejak Sam di perhelatan pemilihan gubernur dan wakil gubernur Maluku patut diacungi jempol; teruji dan sukses.

Bersama tim sukses (pemenangan), peran Sam sebagai ketua tim relawan di palagan Pilkada Maluku tak bisa dipandang sebelah mata. Kolaborasi dan elaborasi tim pemenangan dan tim relawan meracik strategi politik mengantarkan Said Assagaff dan Zeth Sahuburua memenangkan Pilkada Maluku 2013. Said-Zeth mengungguli empat rivalnya di pertarungan Pilkada.

Memahami geopolitik Maluku, keberhasilan mantan wakil wali kota Ambon ini memimpin tim relawan berlanjut. Sam membuat kejutan di Pilgub Maluku 2018. Dia membelot mendukung pasangan Murad Ismail dan Barnabas Orno, berhasil menjungkal petahana Said Assagaff-Zet Sahuburua dan pasangan Herman Koedoeboen-Abdullah Vanath.

Sukses memenangkan dua jagonya dalam dua Pilgub berbeda, nasib baik tak selamanya berpihak ke Sam. Setelah berhasil membawa Said dan Murad menuju kursi gubernur Maluku, dia malah disingkirkan.

Kini di tahun 2024, Pilkada Maluku kembali dihelat. Tiga pasangan siap bertarung, yaitu Murad Ismail-Michael Wattimena, Jeffry Rahawarin-Mukti Keliobas dan Hendrik Lewerissa-Abdullah Vanath.

Sam tampil lagi di pertempuran politik lima tahunan tersebut. Menjadi menarik, pertarungan Pilkada Maluku 2013 dan 2018 terulang di tahun 2024. Ceritanya, Sam berpaling dari Said Assagaff memilih bersama Murad dan kini balik arah mendukung Hendrik.

Menanti kejutan, apakah eks Komisaris Utama Bank Maluku-Maluku Utara ini mampu hattrick mengantarkan petarungnya menjadi pemenang Pilgub Maluku 2024.

Dukungan kepada Hendrik disampaikan Sam di dua momen berbeda. Bagi dia, anggota DPR RI Hendrik Lewerissa sangat layak didukung menjadi calon gubernur Maluku. Kualitas kepemimpinan dan jaringan di level nasional yang dipunyai Hendrik menjadi alasan Sam menjatuhkan pilihan berjuang memenangkan HL-AV di laga Pilgub Maluku.

Ketua Umum KADIN Maluku ini menegaskan Maluku membutuhkan seorang calon gubernur yang visioner dan jaringan yang faktual, bukan jaringan abal-abal.

“Saya merupakan bagian dari tim Pak Hendrik Lewerissa. Di antara beberapa calon gubernur, saya memilih Pak Hendrik karena Maluku membutuhkan pemimpin yang visioner dan memiliki jaringan yang kuat, bukan jaringan asal-asalan,” kata Sam di sela-sela Rapimprov dan Forum Bisnis KADIN Maluku di Hotel Santika Premiere, Kota Ambon, Sabtu (24/8/2024) lalu.

Miliki Jaringan

Sebagai Ketua DPD Gerindra Maluku, Hendrik memiliki peluang besar menjalin komunikasi yang efektif dengan pemerintah pusat setelah Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menjadi presiden terpilih yang akan dilantik, 20 Oktober mendatang.

“Jika Maluku mau keluar dari berbagai persoalan yang saat ini kita hadapi, komunikasi dengan pemerintah pusat harus terjalin dengan baik. Jawabannya adalah Pak Hendrik karena didukung oleh presiden terpilih,” tegas Sam.

  • Bagikan