banner 728x250

Insiden Keracunan Massal, Ini Sosok di Balik Pengadaan Makan & Minum SMA Siwalima

  • Bagikan
PULUHAN SISWA
Puluhan siswa SMA Negeri Siwalima Ambon yang mengalami keracunan makanan menjalani perawatan medis di Puskesmas Nania dan unit kesehatan sekolah, Jumat (18/11/2022). (FOTO: ISTIMEWA)
banner 468x60

AMBON, SENTRALTIMUR.COM – Insiden keracunan massal di SMA Negeri Siwalima Ambon mengejutkan orangtua siswa dan publik.

Puluhan siswa-siswi di sekolah itu menjadi korban keracunan massal setelah menyantap menu makan siang dan malam yang dihidangkan pihak ketiga atau rekanan penyedia catering pada Kamis (17/11/2022).  

Korban keracunan massal dirawat di sejumlah rumah sakit di Kota Ambon, yakni RSUD M. Haulussy, RS Johanes Leimena dan RS Siloam. Sebagian lagi menjalani perawatan medis di unit kesehatan sekolah dan Puskesmas terdekat.

Sebagai sekolah unggulan, siswa-siswi yang menempuh pendidikan di SMA Siwalima berasal dari 11 kabupaten/kota di Maluku. Mereka yang mengenyam pendidikan di sekolah tersebut harus menjalani seleksi ketat untuk dinyatakan lolos sebagai siswa.

Jumlah siswa-siswi yang menempuh pendidikan di SMA Siwalima dari kelas 10 sampai 12 mendekati 500 orang. Selama mengenyam pendidikan siswa tinggal di asrama yang berada di sekolah tersebut. Mereka dibolehkan pulang ke rumahnya saat liburan sekolah.  

Kasus keracunan massal ini diduga berasal dari makanan yang disajikan rekanan penyedia jasa ketering. Siapa rekanan yang beruntung menangani proyek pengadaan jasa katering bagi ratusan siswa, guru dan pegawai di SMA Siwalima Ambon, akhirnya terungkap.

Santer beredar kabar penyedia katering adalah saudara perempuan Gubernur Maluku Murad Ismail. Penelusuran sentraltimur.com, mengutip laman Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) terungkap CV Fildzah Jaya yang beralamat di Jl. Jenderal Sudirman, Ambon sebagai pemenang tender.

Tertulis nama tender; makan minum siswa SMA Siwalima, makan minum guru/TU/penjaga malam SMA Siwalima. Satuan kerja paket pengadaan adalah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku.  Nilai Pagu pengadaan makan minum sebesar Rp3.824.299.868 dan Harga Perkiraan Sendiri (HPS) Rp3.815.808.000.

CV Fildzah Jaya menandatangani harga kontrak kerja proyek makan minum SMA Siwalima senilai Rp3.803.508.000 bersumber dari APBD Maluku tahun anggaran 2022. Bos CV Fildzah Jaya diduga adalah Aisyah atau akrab disapa ibu Ica, kakak kandung Murad Ismail.

CV Fildzah Jaya pemenang tender pengadaan makan dan minum di SMA Siwalima Ambon tahun anggaran 2022.  (FOTO: TANGKAPAN LAYAR)

Sentraltimur.com, telah mencoba menghubungi Ica melalui telepon seluler terkait keracunan massal setelah siswa SMA Siwalima menyantap makanan yang disiapkan oleh CV Fildzah Jaya selaku penyedia jasa makan dan minum di sekolah tersebut.

Namun telepon yang dihubungi tidak diangkat. Begitu juga pesan whatsapp yang dilayangkan, Sabtu (19/11/2022) tidak direspon Ica. Pesan WA yang dikirim tanda centang dua abu-abu atau sudah terkirim tapi belum dibaca oleh Ica.

Gandeng BPOM

Sebelumnya diberitakan, pasca tragedi keracunan massal, SMA Siwalima akan lebih berhati-hati untuk menyediakan makanan bagi para siswanya.

  • Bagikan