banner 728x250

Pemprov Maluku Dukung Usulan AM Sangadji Jadi Pahlawan Nasional

  • Bagikan
Plh Sekretaris Daerah Maluku, Sadli Ie. (FOTO: ISTIMEWA)
banner 468x60

AMBON, SENTRALTIMUR.COM – Pemerintah Provinsi Maluku mendukung penuh Abdul Muthalib Sangadji atau yang lebih populer dengan nama AM Sangadji sebagai pahlawan nasional.

Keinginan agar AM Sangadji diperjuangkan sebagai pahlawan nasional asal Maluku ini disampaikan pihak keluarga saat rapat dengar pendapat dengan DPRD Maluku di Balai Rakyat Karang Panjang Ambon, Senin (9/8/2021).

Menanggapi permintaan keluarga tersebut, Plh Sekda Maluku Sadli Ie menyambut baik usulan keluarga agar AM Sangadji mendapat gelar pahlawan nasional.

“Kami akan memberikan apresiasi terhadap perjuangan untuk mendukung AM Sangadji menjadi pahlawan nasional,” katanya usai menghadiri rapat dengar pendapat dengan DPRD Maluku.

Menurutnya, secara simbolik kehadiran jalan AM Sangadji di Ambon dan beberapa daerah di Indonesia bisa menjadi bukti mendukung pengusulan tokoh tersebut sebagai pahlawan nasional. 

“Dengan fakta-fakta yang tadi disampaikan, kami akan memproses pengusulan menjadi pahlawan nasional dengan dukungan dokumen yang ada,” ujar Sadli yang juga kepala Dinas Kehutanan Maluku.

Kini, naskah pengusulan melibatkan seluruh pihak terkait akan disiapkan sebelum diusulkan ke kementerian.

Beberapa administrasi juga harus rampung agar bisa ditetapkan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

“Minimal ada tindakan nyata kita dari pertemuan hari ini sebagai wujud kepedulian pemerintah dan dewan, bersama ahli waris (keluarga) untuk mendorong AM Sangadji menjadi pahlawan nasional,” katanya.

Ketua Komisi IV DPRD Maluku Samson Atapary mengaku, sudah ada kesepakatan antara DPRD dan pemerintah daerah serta pihak keluarga terhadap pengusulan tersebut.

  • Bagikan