banner 728x250

Eks Bupati Buru Bisa Lolos dari Jerat Hukum, Jika…

  • Bagikan
Eks Bupati
Mantan Bupati Buru, Ramli Umasugi. (FOTO: ISTIMEWA)
banner 468x60

AMBON, SENTRALTIMUR.COM – Eks Bupati Buru Ramli Umasugi resmi menyandang status tersangka kasus pencemaran nama baik.

Meski begitu peluang Ramli untuk lolos dari jeratan hukum masih terbuka.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Maluku, Kombes Pol M. Roem Ohoirat mengatakan kasus tersebut diproses atau tidaknya sangat tergantung dari keputusan pelapor.

Anggota DPRD Buru, Rustam Fadli Tukuboya melaporkan Ketua DPD Partai Golkar Provinsi Maluku itu ke polisi atas kasus pencemaran nama baik.

“Kasus ini adalah delik aduan kalau pelapor (Rustam) mencabut kembali laporannya, sudah pasti kasus ini selesai,” kata Roem kepada sentraltimur.com di ruang kerjanya, Rabu (25/5/2022).

Menurut Roem selama pelapor tidak bersedia mencabut laporannya maka kasus tersebut tetap akan proses secara hukum. Sejauh ini pelapor belum mencabut laporannya.

“Selama pelapor tidak mencabut laporannya maka kita akan terus proses,” tegas mantan Kapolres Maluku Tenggara ini.

BACA JUGA:

Wow! KPK Temukan Kode Khusus di Ruang Kerja Wali Kota Ambon – sentraltimur.com

Pemerintah Naikkan HET Minyak Goreng, Anggota DPR RI Mulyanto Sebut Kebijakan Amatiran – kliktimes.com

Roem mengungkapkan upaya mediasi kedua belah pihak sebelumnya telah dilakukan berulang oleh Polda Maluku, namun menemui jalan buntu.

Polda Maluku juga telah berkoordinasi dengan kuasa hukum dari kedua belah. Tetapi tidak ada kata sepakat untuk menyelesaikan masalah tersebut di luar jalur hukum. “Kita sudah berulang kali melakukan mediasi termasuk dengan kuasa hukum kedua belah pihak tapi tidak ada kesepakatan,” katanya.

Tak Terkait Pilkada Maluku 2024

Roem menegaskan bahwa penetapan mantan bupati Buru dua periode itu sebagai tersangka tidak ada kaitannya dengan Pilkada serentak di Maluku tahun 2024. “Ini murni penegakkan hukum, tidak ada unsur politik,” tegas Roem.

Nama Ramli belakangan terus mencuat sebagai salah satu figur yang digadang-gadang akan maju menantang petahana Murad Ismail pada Pilkada Gubernur Maluku 2024 mendatang.

  • Bagikan