banner 728x250

Maaf, Belum Memenuhi Ekspektasi, Terima Kasih Atas Segala Dukungan

  • Bagikan
BELUM MEMENUHI
Penulis: M. Ikhsan Tualeka, Presiden Maluku FC/Direktur Beta Sport. (FOTO: ISTIMEWA)
banner 468x60

KEKALAHAN beruntun di Babak 32 besar tentu saja secara otomatis memupus harapan Maluku Football Club (MFC) untuk terus melangkah di perhelatan Liga 3 Nasional 2022. Pencapaian yang memang masih jauh dari ekspektasi banyak pihak.

Yang pasti, satu ikhtiar memajukan sepakbola Maluku telah dilakukan, meski ada saja kendala, tapi ini semua jadi pelajaran penting untuk kedepan lebih baik. Proses masih panjang, membangun sepakbola tidak instan.

Terlepas dari sejumlah kekurangan, terutama persoalan pengalaman dan mental yang harus diakui perlu ada pembenahan, MFC sejatinya telah berusaha melakukan yang terbaik. Sesuatu yang mesti tetap diapresiasi.

Kita faktanya baru bisa sampai pada titik ini. Tapi kalau mau dilihat dengan jernih, apa yang tersaji sejatinya juga adalah produk dari ekosistem sepakbola kita yang masih harus terus diperbaiki.

Selain penyelenggara kompetisi sepakbola di berbagai tingkatan perlu dibenahi level profesionalismenya. Untuk Maluku sendiri masih banyak yang harus dievaluasi atau ditingkatkan, bila mau sepakbola daerah ini lebih maju dan kompetitif.

Misalnya, belum ada anggaran yang memadai, terutama untuk banyak Sekolah Sepak Bola (SSB) yang tersebar sebagai basis pembinaan usia dini. Di Maluku juga masih sedikit atau belum banyak pelatih berlisensi.

Belum lagi soal fasilitas yang kurang memadai seperti lapangan atau stadion yang representatif. Dan minimnya kompetisi lokal yang sangat diperlukan untuk meningkatkan pengalaman bertanding tim atau para pemain.

Menjadi pertanda bahwa ekosistem sepakbola di Maluku belum semaju di daerah lain, terutama di Pulau Jawa. Termasuk belum ada perusahaan atau industri besar di Maluku yang dapat menjadi sandaran sponsorshsip bagi majunya satu tim lokal, adalah catatan tersendiri.

Terlepas dari semua itu. Diakui atau tidak, kehadiran MFC sejauh ini termasuk dengan ekspos atau publikasi media yang cukup masif, juga dengan berbagai kegiatan tambahan atau additional lainnya seperti sejumlah eksibisi bertajuk “Football for Peace” telah turut meningkatkan atmosfer sepakbola di Maluku.

  • Bagikan